Jawabanmu

2014-08-28T15:42:21+07:00
Guido Arezzo adalah seorang guru musik dari Italia, yang membuat terobosan dalam mengajarkan ilmu seni musik kepada murid-muridnya. Saat itu belum dikenal notasi angka gan. Nah, sekitar tahun 1050 dengan resmi beliau memperkenalkan metode untuk menghafal tangga nada, yaitu jenjang not ke not berikutnya yang ditulis dalam syair Johannes Hymne yang aslinya tercipta dalam notasi balok.
2014-08-28T15:45:32+07:00

Sign In
Ajukan Pertanyaan
Halaman Awal Answers
Pemberitahuan
Aktivitas Saya
Kategori
Pedoman Komunitas
Kirim Masukan
Bantuan
Situs Lainnya
Yahoo
Mail
Berita
Keuangan
Olahraga
Lainnya
Lihat Versi Desktop
Privasi & Ketentuan
© 2014 Yahoo! Inc

da yang tau gak...siapa penemu tangga nada....?
3 Jawaban • Lain-lain - Musik

Jawaban Terbaik (Dipilih oleh Suara Terbanyak)
Yang menuliskan pertama kali dalam do re mi fa sol la ti adalah Jean-Jacques Rousseau seorang tokoh jenius komposer dan tokoh revolusi Perancis. Dulunya hanya ada not balok.

Sedangkan penemu nada banyak bangsa dan sejak manusia bisa ngomong sepertinya sudah ada nada...umumnya di dunia ada 2 nada utama yang dikenal: 5 nada (pentatonik) yang ada di musik oriental (jawa, mandarin dsb) dan diatonik di musik barat dan modern (7 Nada).

Sebetulnya cukup 5-7 nada aja sudah banyak kombinasinya buktinya lagu barat dan mandarin ga pernah kehabisan nadaaa, apalagi ada nada naik dan turun 1/2 nada...yang item2 di piano itu.... dan kebetulan yang 5 nada pentatonik juga di item2 itu.