Jawabanmu

2014-08-28T15:12:24+07:00
Hukum newton 1 : Ada aksi tapi ga ada reaksi contohnya mendorong mobil
Hukum newton 2 : Sama sama bereaksi seperti mobil yang bertabrakan
Hkum newton 3 : ada aksi ada reaksi seperti menyundul bola
1 3 1
Jawaban paling cerdas!
2014-08-28T15:21:25+07:00
Rumus hukum Newton Rumus hukum Newton -Hukum gerak Newton adalah tiga hukum fisika yang menjadi dasar mekanika klasik. Rumus hukum Newton ini menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya. Hukum ini telah dituliskan dengan pembahasaan yang berbeda-beda. Berikut Rumus hukum Newton. Rumus hukum Newton Pertama Setiap benda akan memiliki kecepatan yang konstan kecuali ada gaya yang resultannya tidak nol bekerja pada benda tersebut. Berarti jika resultan gaya nol, maka pusat massa dari suatu benda tetap diam, atau bergerak dengan kecepatan konstan (tidak mengalami percepatan). Rumus hukum Newton Kedua Sebuah benda dengan massa M mengalami gaya resultan sebesar F akan mengalami percepatan a yang arahnya sama dengan arah gaya, dan besarnya berbanding lurus terhadap F dan berbanding terbalik terhadap M. atau F=Ma. Bisa juga diartikan resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan turunan dari momentum linear benda tersebut terhadap waktu. Rumus hukum Newton Ketiga Gaya aksi dan reaksi dari dua benda memiliki besar yang sama, dengan arah terbalik, dan segaris. Artinya jika ada benda A yang memberi gaya sebesar F pada benda B, maka benda B akan memberi gaya sebesar –F kepada benda A. F dan –F memiliki besar yang sama namun arahnya berbeda. Hukum ini juga terkenal sebagai hukum aksi-reaksi, dengan F disebut sebagai aksi dan –F adalah reaksinya.Rumus hukum Newton, soal dan pembahasanya Balok 100 kg diluncurkan dari sebuah bukit. Anggap lereng bukit rata dan memiliki koefisien gesek 0,125. Percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 dan sin 53o = 0,8, cos 53o = 0,6. Tentukan nilai dari : a) Gaya normal pada balok b) Gaya gesek antara lereng dan balok c) Percepatan gerak balok Pembahasan Rumus hukum Newton Gaya-gaya pada benda: a) Gaya normal Σ Fy = 0 N + F sin θ − W = 0 N = W − F sin θ = (5)(10) − (25)(0,6) = 35 N b) Gaya gesek Jika dalam soal hanya diketahui koefisien gesek kinetis, maka dipastikan benda bisa bergerak, sehingga fges = fk : fges = μk N fges = (0,1)(35) = 3,5 N c) Percepatan gerak benda Σ Fx = ma F cos θ − fges = ma (25)(0,8) − 3,5 = 5a 5a = 16,5 a = 3,3 m/s2
2 5 2