Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-18T19:53:39+07:00
Nama daerah : suamtera selatan
luas wilayah :87.017.41 km²
sejarah daerah : 
Provinsi Sumatera Selatan sejak berabad yang lalu dikenal juga dengan sebutan Bumi Sriwijaya; pada abad ke-7 hingga abad ke-12 Masehi wilayah ini merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang juga terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara. Gaung dan pengaruhnya bahkan sampai ke Madagaskar di Benua Afrika.Sejak abad ke-13 sampai abad ke-14, wilayah ini berada di bawah kekuasaan Majapahit. Selanjutnya wilayah ini pernah menjadi daerah tak bertuan dan bersarangnya bajak laut dari Mancanegara terutama dari negeri China.Pada awal abad ke-15 berdirilah Kesultanan Palembang yang berkuasa sampai datangnya Kolonialisme Barat, lalu disusul oleh Jepang. Ketika masih berjaya, kerajaan Sriwijaya juga menjadikan Palembang sebagai Kota Kerajaan.Menurut Prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan pada 1926 menyebutkan, pemukiman yang bernama Sriwijaya itu didirikan pada tanggal 17 Juni 683 Masehi. Tanggal tersebut kemudian menjadi hari jadi Kota Palembang yang diperingati setiap tahunnya.

budaya daerah :
TARI GENDING SRIWIJAYA . tari tanggai , rumah limas , pempek , tekwan 

potensi : 
1. 
Danau RanauPulo KemaroPulau Mas PariRumah Seratus TiangGoa PuteriDanau Teluk GelamDanau DatukJembatan AmperaGunung DempoBukit BarisanAir Terjun BidadariSungai MannaAir Terjun BedegungCandi Bumi Ayu
2 5 2
2014-02-18T19:56:27+07:00
Sulawesi Selatan
luas 46.717 km²
sejarah Arung Palaka
Budaya tarian pakkarenna,pakaian baju bodo, rumah tongkonan dan balla lompoa
potensi wisata alam,potensi batu bara dan lainnya
1 5 1