Jawabanmu

2014-08-28T12:03:54+07:00
Faktor utamanya adalah penegasan perihal dasar kebenaran pengetahuan manusia di abad modern.
Sosiologi lahir sebagai reaksi atas penyelidikan pengetahuan yang sebelumnya didominasi oleh corak pengetahuan yang filosofis, idealistis, dan metafisis; terutama yang dianjurkan oleh fiosof-filosof Jerman seperti Immamuel Kant, G.W.F. Hegel dan J.G. Fichte.
Reaksi ini timbul di Perancis, dan digagas oleh Saint-Simon dan Auguste Comte melalui Positivisme. Mereka menyakini bahwa pengetahuan manusia yang betul mestilah menyandarkan kepada gejala-gejala yang bersifat fisik. Bagi Comte, pengetahuan itu mestilah dinamai "FISIKA SOSIAL" atau "SOSIOLOGI'. Ilmu ini tergolong ilmu yang positif.
Tentu saja, pengetahuan metafisik masih dihargai, namun masih lebih rendah.
Adapun yang terendah menurut Comte ialah pengetahuan teologis, yaitu apabila manusia menyandarkan pengetahuannya secara transendental, melampaui batas kemampuan manusia untuk menjangkaunya, dikembalikan kepada kekuasaan Ilahi atau Dewa dan Dewi beserta buku-buku suci. Penegasannya ini termuat dalam Discours Sur L'Ensemble du Positivisme karya Auguste Comte [saya punya yang terbitan tahun 1907, terdiri atas 5 bagian dan 1 konklusi].

5 3 5
2014-08-28T12:16:12+07:00
Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang sosial (masyarakat umum).
sehingga dalam sosiologi akan membahas bagaimana cara kita berinteraksi dengan orang lain. hal tersebut di pelajari agar kita dapat berinteraksi dengan orang lain dengan baik dan benar. tidak berhenti sampai di situ saja, sosiologi juga merupakan ilmu yang mengulas pola hidup kehidupan masyarakat secara modern.
4 4 4