Jawabanmu

2016-10-21T22:22:22+07:00
Hukum Newton I
Sebuah benda akan tetap berada dalam keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, jika dan hanya jika tidak ada gaya atau pengaruh luar yang bekerja pada benda tersebut
∑ F = 0
Hukum ini merupakan pernyataan kesetimbangan (statis dan dinamis). Hukum I Newton tentang gerak disebut juga hukum kelembaman atau hukum inersia.
Contoh penerapannya, uang logam diletakkan di atas kertas lalu kertas ditarik mendatar dengan cepat. Uang logam akan tertinggal karena uang logam yang diam ingin tetap diam, tidak mengikuti perubahan gerak yang begitu cepat dari kertas.
Contoh lain pada kasus penumpang bus yang sedang berjalan dengan sangat cepat lalu tiba-tiba dihentikan. Penumpang akan terdorong ke depan karena ingin selalu mempertahankan keadaannya, yakni bergerak.

Hukum Newton II
Jika suatu gaya luar total bekerja pada sebuah benda, maka benda akan mengalami percepatan. Arah percepatan tersebut sama dengan arah gaya total. Vektor gaya total sama dengan massa benda dikalikan dengan percepatan benda..
∑ F = m x a
Contoh soal: pada sebuah kotak bermassa 20 kg yang terletak di atas bidang horizontal, bekerja dua gaya yang berlawanan arah sebesar 600 N ke kanan dan 400 N ke kiri. Hitung besar percepatan!
 ∑ F = m x a
600 - 400 = 20 x a
a = 200/20, diperoleh besar percepatan 10 m/s²

Hukum Newton III
Dua benda yang berinteraksi akan menyebabkan gaya pada benda pertama karena benda kedua (gaya aksi) yang sama dan berlawanan arah dengan gaya pada benda kedua karena benda pertama (gaya reaksi). Kedua gaya ini bekerja pada benda yang berbeda.
F aksi = - F reaksi
Contohnya, benda yang diikat dengan tali dan ditarik, maka timbul gaya T pada benda (aksi) dan T' pada tali sebagai reaksi. T dan T' sama besar dan berlawanan arah.
Contoh lain adalah daya dorong roket. Roket mengerjakan gaya pada gas buangan dan sebaliknya gas melakukan gaya pada roket.
Selanjutnya, cara gerak cumi-cumi atau gurita yang meneguk air sebanyak mungkin lalu mengeluarkannya dengan gaya yang sama besar dan berlawanan arah sehingga terdorong ke depan.
1 5 1