Jawabanmu

2014-08-27T23:00:03+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Didalam sejarah terdapat tiga unsur penting, yaitu :
 Manusia, yang merupakan unsur sentral atau pemeran utama. Karena itu manusia sangat menentukan didalam suatu peristiwa. Sejarah adalah sejarahnya manusia. Peristiwa yang dikajipun adalah peristiwa yang berkaitan dengan manusia. Peristiwa itu bisa berlangsung cepat (Revolusi) atau bisa berlangsung lama (Evolusi), bisa kompleks bisa juga sederhana, tergantung akal manusia dengan lingkungan  yang ada.

Waktu, merupakan unsur yang penting. Sejarah adalah studi tentang aktivitas manusia dilihat dari kurun waktunya. Karena itu waktu menjadi unsur dan konsep dalam sejarah. Dari unsur waktu inilah maka didalam sejarah sifat kronologis menjadi sangat penting. Dari unsur waktu dan sifat kronologis didalam kajian sejarah dikenal adanya konsep periodisasi.

Ruang, maksudnya adalah tempat terjadinya peristiwa. Jadi terkait dengan aspek geografis. Unsur ruang ini akan menjadikan pemahaman kita tentang peristiwa sejarah menjadi nyata.
6 3 6