Jawabanmu

2016-08-10T13:29:32+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Titik balik dalam Perang Pasifik ditandai dengan kemenangan angkatan laut Amerika di Pertempuran Midway pada bulan Juni 1942. Armada Jepang menderita kerugian besar dan berhasil dihalau. Pada bulan Agustus 1942, pasukan Amerika menyerang Jepang di Kepulauan Solomon, memaksa penarikan pasukan Jepang dari pulau Guadalcanal pada bulan Februari 1943 dengan kerugian yang tidak sedikit. Pasukan Sekutu perlahan memperoleh supremasi udara dan laut di Pasifik, dan mreka pindah dari pulau ke pulau, menaklukkan mereka dan sering menyebabkan korban yang signifikan. Jepang, bagaimanapun juga, berhasil mempertahankan posisi mereka di daratan Cina sampai 1945.

Akhir tahun 1944, pasukan Amerika membebaskan Filipina dan mulai serangan udara besar-besaran di Jepang. Pasukan Inggris merebut kembali Burma. Pada awal tahun 1945, pasukan Amerika menderita kerugian besar selama invasi Iwo Jima (Februari) dan Okinawa (April), sebuah pulau dengan kepentingan strategis di lepas pantai pulau-pulau utama Jepang. Terlepas dari banyaknya korban dan serangan udara bunuh diri Jepang yang dikenal sebagai serangan Kamikaze, pasukan Amerika menaklukkan Okinawa pada pertengahan Juni 1945.

Pada tanggal 6 Agustus 1945, Angkatan Udara Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima di Jepang. Puluhan ribu orang tewas scara langsung dalam ledakan ini,  dan masih banyak lagi meninggal beberapa waktu kemudian dari paparan radiasi. Tiga hari kemudian, Amerika Serikat menjatuhkan bom di kota Jepang Nagasaki. Sekitar 120.000 warga sipil tewas akibat dua ledakan. Pada tanggal 8 Agustus, Uni Soviet mendeklarasikan perang terhadap Jepang dan menyerbu Manchuria yang saat itu dikuasai Jepang.

Setelah Jepang setuju untuk menyerah pada tanggal 14 Agustus 1945, pasukan Amerika mulai menempati Jepang. Jepang secara resmi menyerah kepada Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Soviet pada tanggal 2 September, 1945.
17 3 17