Jawabanmu

2013-12-21T22:12:54+07:00
Yang menghancurkan byzantium adalah tentara islam. dengan ditandatangani dg terjatuhnya konstantinopel ke tangan kaum muslimin oleh muhammad al fatih.
PERANG PERTAMA.Tiga puluh ribu pasukan muslim menghadapi seratus ribu pasukan Byzantium. Ini adalah pertemuan terbesar pertama antara pasukan muslim dan Byzantium. Kemenangan diraih pasukan muslim meski harus merelakan kepergian empat ratus lima puluh syahid yang gugur dalam pertempuran ini. Sementara ribuan pasukan Byzantium terbunuh dan sisanya berlarian ke arah Al-Quds dan mundur ke Damaskus.

PERANG KEDUA.Dipihak Byzantium terdapat setidaknya dua ratus lima puluh ribu pasukan (250000), sementara tentara muslimin hanya berjumlah tiga puluh enam ribu (36000) personil. Secara khusus respon Khalid dan strateginya empuran besar kedua yang terjadi pada bulan Agustus 636 M ini kembali dimenangi pasukan muslimin. Kekalahan dalam Perang Yarmuk merupakan pukulan telak dan malapetaka (katastrofe) bagi Byzantium dan kabar tersebut menyebar ke mana-mana. Dan satu persatu kota-kota penting negeri Syam berhasil ditaklukkan dengan futuhat islamiyah.