Jawabanmu

2017-01-20T07:03:16+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Halo Khaufillahwulan!

Buah adalah bagian tumbuhan yang berasal dari bunga atau putik yang biasanya berbiji.
Ilmu yang mempelajari segala hal tentang buah dinamakan pomologi.

 

Buah dapat dibedakan atas tiga tipe dasar, yaitu:

1. Buah tunggal adalah buah yang terbentuk dari satu bunga dengan satu bakal buah, yang berisi satu biji atau lebih.

2. Buah ganda adalah buah terbentuk dari satu bunga yang memiliki banyak bakal buah. Contohnya buah ganda adalah buah sirsak.

3. Buah majemuk adalah buah terbentuk dari bunga majemuk. Jadi, buah ini berasal dari banyak bunga dan banyak bakal buah yang seakan-akan menjadi satu buah saja. Contohnya adalah buah majemuk adalah buah nanas dan buah matahari.


Terdapat 2 fungsi buah pada tanaman, yaitu:

1. Untuk melindungi biji

Dalam hal ini buah berfungsi sebagai penghalang fisik antara biji atau benih dan lingkungan eksternal selama perkembangan benih. Buah yang berkembang dengan baik akan menghasilkan bakal biji yang unggul.

2. Untuk membantu penyebaran/pemencaran biji.

Penyebaran/pemencaran biji terjadi dengan bantuan hewan, angin, aliran air maupun dengan proses pecahnya buah itu sendiri sehingga melontarkan biji-bijinya sampai jauh.

* Penyebaran/pemencaran oleh binatang (zookori)

Penyebaran/pemencaran oleh binatang pada umumnya terjadi pada buah-buah yang memiliki rasa manis. Sebagai contoh adalah seekor tupai yang memakan buah jambu yang sudah matang. Disamping dimakan di tempat, tupai juga membawa makanannya ke sarangnya sebagai makanan anak-anaknya di tempat lain.

* Penyebaran/pemencaran oleh angin (anemokori)

Penyebaran/pemencaran oleh angin merupakan salah satu cara yang efektif untuk menyebarkan buah maupun biji. Sebagai contoh adalah buah anggrek merupakan buah yang memecah melalui celah-celah untuk melepaskan biji-bijinya yang halus dan mudah diterbangkan angin yang cukup mudah ditemukan di hutan.

* Penyebaran/pemencaran oleh air (hidrokori)

Buah yang tersebar/terpencar melalui air pada umumnya memiliki jaringan yang tak basah oleh air. Sebagai contoh adalah pohon kelapa yang tumbuh di pinggir sungai. Ketika buahnya telah matang, maka buah kelapa tersebut akan jatuh ke sungai dan mengalir mengikuti aliran sungai hingga ke tempat tertentu.

* Penyebaran/pemencaran sendiri

Penyebaran/pemencaran sendiri oleh buah dilakukan dengan meledak dan kemudian melontarkan benih di sekitarnya atau benih tersebut mempunyai pelengkap seperti parasut, sayap dan kait yang membantu dalam penyebaran benih. Sebagai contoh adalah buah jenis polong-polongan yang dapat melontarkan biji hingga beberapa puluh meter jauhnya.

 

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.

NB: Maaf jika jawaban saya kurang rapi dikarenakan kesalahan sistem dalam situs ini yang sedang dalam perbaikan.

 

9 4 9