Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-18T16:54:55+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.nuklir
2.minyak
3.angin
4.udara
5.panas bumi
6.tenaga matahari
7.hidro elektrik
8.tenaga pasang surut


semoga meembantu :)

6 4 6
2014-02-18T16:57:17+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Nuklir
Nuklir merupakan sebuah sumber energi yang sangat dahsyat, nuklir memiliki berbagai fungsi, ada yang menggunakannya sebagai pembangkit listrik ada juga yang memanfaatkannya sebagai senjata pembunuh masal. Keuntungan dari menggunakan nuklir adalah nuklir tidak menghasilkan asap yang dapat merusak lingkungan, dan hanya menggunakan sedikit bahan nuklir dapat menghasilkan energi yang besar, tetapi dibalik itu semua nuklir memiliki kelemahannya yaitu apabila terjadi kecelakaan atau kebocoran dari reaktor nuklir maka akan terjadi bencana yang sangat besar akibat zat yang bernama radio aktif yang dapat membunuh umat manusia, oleh karena itu perlu perhatian yang cukup serius untuk menggunakan nuklir ini.


2. Minyak
Pembangkit listrik tenaga diesel yaitu yang menggunakan minyak sebagai bahan bakar adalah pembangkit listrik yang umumnya banyak di Indonesia. Bagaimana tidak minyak dapat kita temukan dengan mudah di Indonesia yang mana kaya akan sumber daya alamnya, tetapi sayangnya pembangkit ini menyebabkan asap yang dapat menyebabkan polusi udara, dan walaupun sekarang minyak masih banyak tetapi kita juga harus ingat minyak merupakan sumber alam yang tidak bisa diperbaharui jadi alangkah baiknya jika kita menggunakan sumber listrik alternatif lainnya.



3. Angin
Menggunakan pembangkit ini bisa dikatakan suatu hal yang tidak membutuhkan suatu bahan bakar, karena sebagai mana yang kita ketahui angin itu gratis.. Tetapi untuk menggunakan pembangkit ini diperlukan daerah luas yang memiliki angin yang kencang, selain itu dibutuhkan banyak turbin untuk menghasilkan listrik yang cukup, dan juga terkadang apabila angin tidak bertiup dengan kencang maka energi listriknya pun kecil.



4. gelombang
Energi ini memanfaatkan kekuatan ombak jadi dengan menggunakan ini tentu tidak menimbulkan polusi udara, yang dibutuhkan hanyalah biaya untuk membangun reaktornya, tetapi kekurangannya juga sama seperti energi angin ombak terkadang deras, terkadang lemah jadi hasil listrik yang diperoleh tidaklah stabil.



5. Batu Bara
Dengan batu bara kita dapat menghasilkan energi listrik, terlebih lagi batu bara sangat mudah ditemukan, walaupun begitu untuk mendapatkan batu bara perlu membuat lubang yang sangat besar yang mana memakan tempat dan biaya, selain itu pembakaran batu bara menghasilkan asap yang merusak lingkungan.




6. Panas bumi
Tahukah kalian dengan mengandalkan panas bumi kita juga bisa menjadikannya sebagai sumber energi, kelebihan dari menggunakan energi ini adalah panas bumi tidak akan pernah habis, berbeda dengan minyak dan batu bara. Tetapi sayangnya tidak banyak tempat yang dapat dibangun pembangkit listrik jenis ini.




7. Tenaga matahari
Dengan mengandalkan tenaga matahari kita dapat merubahnya menjadi sumber listrik, ini juga merupakan energi yang tak terbatas, hanya sayangnya untuk membangun reaktor ini dibutuhkan biaya yang sangat mahal, dan selain itu apabila cuaca berawan atau mendung makan tidak ada energi yang diterima.



8. Energi pasang surut
Ini juga merupakan penghasil energi yang tidak ada habisnya dan tidak menghasilkan polusi udara, tetapi kekurangannya adalah pasang surut hanya terjadi dua kali sehari dan hanya pada waktu itulah energi dihasilkan, selain itu ini juga berakibat terganggunya ekosistem bawah laut.



9. Hidro elektrik

Hidro elektronik atau lebih sering disapa dengan energi bendungan yang memutar turbin ini juga jenis energi yang tidak terbatas, yangmana dengan memanfaatkan air di bendungan untuk memutar turbin, tetapi ini sangat beresiko jika terjadi hujan lebat yang dapat menimbulkan banjir besar, selain itu apabila kondisi sedang kemarau kekuatan air pun tidak mampu untuk memutar turbin.



10. Biomass
Dengan memanfaatkan tanaman biomass ini kita dapat menghasilkan energi listrik, selain itu tanaman ini dapat kita perbaharui dengan menanamnya kembali sehingga dia tidak akan habis, tetapi dengan membakar tanaman ini maka akan menghasilkan polusi besar besaran dan kita tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk membangun kebun tanaman ini.
4 4 4