Jawabanmu

2014-02-18T15:31:52+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Mobilitas non permanen disebut juga dengan istilah sirkuler atau sirkulasi. Di sebut non permanen karena berdasarkan kriteria Badan Sensus bahwa individu ybs singgah tidak lebih dari 6 bulan. Tapi kalau diminta untuk menyebutkan yang termasuk didalamnya agak2 susah jg, cos perkembangan teknologi transportasi n komunikasi menjadikan orang2 yang melakukan perjalanan or komunikasi yang masuk dlm kriteria itu menjadi sulit diidentifikasi.Data mobilitas penduduk sirkuler sukar didapat. Hal ini disebabkan para pelaku mobilitas sirkuler tidak memberitahu kepergian mereka kepada kantor desa di daerah asal, begitu juga dengan kedatangan mereka di daerah tujuan.
2 5 2
2014-02-18T15:34:54+07:00
MOBILITAS PENDUDUK NON PERMANEN (mobilitas sirkuler) mobilitas sirkuler ialah gerakan penduduk dari satu tempat ke tempat lain dengan tidak ada niat untuk menetap di daerah tujuan yang bersifat tidak tetap/sementara. Perpindahan penduduk sementara karena mendekati tempat kerjanya.7. Mobilitas ulang alik Mobilitas ulang alik atau mobilitas harian, yaitu penduduk yang karena pekerjaanya harus melakukan perjalanan dari tempat tinggal nya ke tempat kerjanya di daerah lain. Pagi berangkat dan sore atau malam hari pulang.8. Mobilitas bermusim Mobilitas bermusim, yaitu penduduk yang pekerjaan atau keperluannya untuk sementara waktu menetap disuatu daerah dan dalam jangka waktu tertentu untuk kembali ke tempat tinggalnya9. Mobilitas tradisional Mobilitas tradisional, dimana penduduk melakukan mobilitas atas dasar untuk memenuhi kebutuhan primer terutama pangan10. Mobilitas pra-modern Mobilitas pra-modern, yang merupakan transisi dari mobilitas tradisional menuju mobilitas modern. Dalam hal ini penduduk mulai melakukan mobilitas dengan tujuan yang lebih luas bukan hanya sekedar untuk cukup pangan, misalnya kesenangan dan kenyamanan11. Mobilitas modern Mobilitas modern, dimana mobilitas penduduk telah melampaui batas-batas Negara dengan berbagai macam-macam tujuan baik kegiatan perdagangan maupun berwiraswasta.
3 4 3