1 Beri tahu aku jika kau lihat Itu sampah atau apa? Di jalanan ada sampah Di selokan penuh sampah Di laci meja ada sampah Di bus, truk, dan angkot ada sampah2 Negeri kita ini apakah negeri sampah? Lautan sampah? Gunung sampah? Atau tong sampah? 3 Di kursi restoran ada sampah Di hotel berbintang ada sampah Bahkan di meja direkturnya pun ada sampah Di tempat penyebrangan ada sampah Di bawah pos satpam ada sampah Itu sampah atau apa?4 Di ruang sidang ada sampah Di ruang tunggu rumah sakit ada sampah Di atas pot bunga sekolahan ada sampah Sampah merajalela5 Di istana presiden apakah ada sampah? Siang itu aku mencoba masuk Dan aku telusuri setiap sudutnya Ternyata!6 Sampah ada di bawah tiang bendera merah putih dan Di balik gerbang masuk MPR ada sampah Aku bingung, apakah di kursi-kursi parlemen ada sampah pula? Coba lihat!7 Apa? Kau tak berani? Sungguh! Sampah sudah menjadi bunga-bunga nusantara Di mana-mana ada sampah Apakah di mulut manusia ada sampah? Periksa sekarang!8 Cepat! Jika tak ada, syukurlah! Manusia sombong! Membuang sampah seenaknya! Jangan biarkan negeri kita sebagai tong sampah terbesar! Ingat itu! (Puisi, karya Aditya Yuda Kencana, http://www.anekdot.web.id/_g.php?_g=_lhti_forum&Bid=2925)
(2) Setelah kalian identifikasi struktur teksnya, dapatkah kalian menggolong-kan puisi tersebut ke dalam anekdot?
(3) Si Aku dalam puisi tersebut mengajak berdialog orang lain. Apakah si Aku itu penulis puisi itu sendiri atau ia bertindak sebagai orang lain? Siapa pula sesungguhnya yang diajak berdialog itu?
(4) Apakah si Aku merasa prihatin dengan kebiasaan orang membuang sampah sembarangan? Apakah ia merasa tidak nyaman dengan lingkungan yang penuh sampah?
(5) Di mana-mana ada sampah, yang bukan tempat sampah. Di mana sajakah tempat-tempat yang disebutkan dalam puisi itu ditemui sampah?
(6) Apakah kalian sebagai pembaca puisi itu merasa tersindir? Jika ya, mengapa? Jika tidak, mengapa?
(7) Apakah semua kata sampah dimaksudkan sebagai sampah yang sesungguhnya? Jelaskan dengan mengacu pada Apakah di mulut manusia ada sampah? (bait 5)
(8) Pada puisi tersebut terdapat pengandaian yang disampaikan dengan metafora, yaitu antara lain “Negeri kita ini negeri sampah”. Temukan metafora lain yang sejenis dengan itu. Metafora itu adalah:(a) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...(b) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...(c) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...(d) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ......

1

Jawabanmu

2014-02-18T12:19:09+07:00
Itu puisi anekdot.. aku nya itu penulis.. no 7, tidak, maksudnya kyk bohong ato omongan kasar gitu .. no 6 , iya, karna kita masi buang sampah dembarangan
10 3 10