Jawabanmu

2014-08-27T19:43:01+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. sifat alkana : semakin banyak atom karbon, semakin panjang rantai karbonnya, dan titik didih dan titik leleh nya tinggi. alkana larut dalam pelarut non polar
2. sifat alkena : makin besar masa molekul relatifnya, makin tinggi titik didihnya, titik didih dan titik leleh meningkat seiring bertambahnya atom c, alkena terbakar sempurna menjadi CO2 dan H2O
3. sifat alkuna : semakin panjang rantai karbonnya, dan titik didih dan titik leleh nya tinggi, dapat dibakar
2014-08-27T19:44:33+07:00
Sifat alkana :
1. Pada umumnya alkana sukar bereaksi dengan senyawa lainnya.
2. 
Dalam oksigen berlebih, alkana dapat terbakar menghasilkan kalor, karbon dioksida dan uap air.
3. 
Jika alkana direaksikan dengan unsur-unsur halogen (F2, Cl2, Br2, I2), atom -atom H pada alkana akan digantikan oleh atom-atom halogen.
4. 
Alkana mempunyai afinitas yang kecil untuk bereaksi dengan zat lain . Oleh karena itu alkana disebut parafin (afinitas kecil).

Sifat alkena:
1. Alkena lebih reaktif dibandingkan alkana, karena memiliki ikatan rangkap dua C=C.

Sifat alkuna:
1. Adanya ikatan rangkap tiga yang dimiliki alkuna memungkinkan terjadinya reaksi adisi, polimerisasi, substitusi dan pembakaran.
2. R
eaksi adisi pada alkuna.
3. 
Reaksi alkuna dengan halogen (halogenisasi).