Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-27T19:10:21+07:00

Sign In

Ajukan PertanyaanHalaman Awal AnswersPemberitahuanAktivitas SayaKategoriPedoman KomunitasKirim MasukanBantuanSitus LainnyaYahooMailBeritaKeuanganOlahragaLainnyaLihat Versi Desktop

Privasi & Ketentuan

© 2014 Yahoo! Inc

Bagi yang bisa jawab saya kasih *5?Mengapa penggaris plastik (isolator) yang dipegang langsung dengan…tampikan lainnya

2 Jawaban  •  Fisika

Jawaban Terbaik (Dipilih oleh Penanya)Pada penggaris plastik (isolator), elektron2 tidak dapat bebas bergerak. Namun, elektron-elektron yang sukar bergerak tersebut masih dapat dipindahkan dengan cara menggosok (misal dengan kain wol). Elektron-elektron dari kain wol pindah ke penggaris, dan begitu pindah ke penggaris, elektron2 tersebut tidak bebas bergerak dan cenderung tetap tinggal di penggaris plastik sehingga penggaris plastik bermuatan listrik negatif. Beda dengan batang tembaga sebagai bahan konduktor yang elektron2nya mengalir secara bebas. Batang konduktor yang digosok tetapi dipegang oleh tangan tidak dapat diberi muatan listrik karena elektron yang pindah dari batang tembaga ke alat gosok langsung tergantikan oleh elektron2 dari tanah melalui tangan yang memegang batang tembaga. (Ingat, badan manusia juga termasuk konduktor, walaupun konduktor yang buruk). Oleh karena itu, jika ingin memberi muatan listrik pada tembaga dengan cara menggosok, pastikan batang tembaga tersebut dipegang oleh bahan isolator sehingga kekurangan elektron pada tembaga (yang membuat tembaga bermuatan listrik positif) tidak dapat langsung tergantikan oleh elektron2 dari tanah.

2 3 2