Jawabanmu

2014-02-18T04:41:27+07:00
  Di saat Bunglon merasa terancam , Ia akan mengubah warna kulitnya menjadi serupa dengan warna lingkungan sekitarnya, sehingga keberadaannya tersamarkan. Fungsi penyamaran demikian disebut kamuflase. Penyamaran pada hewan dengan mengubah warna kulitnya disebut juga dengan mimikri.

Mimikri.
-Mimikri berarti kesukaan melindungi, dan mimikri merupakan salah satu bentuk perilaku atau rupa yang pertama kali tumbuh pada sejumlah hewan, khususnya serangga, di mana spesies tersebut menyerupai spesies lain dalam hal perilaku maupun rupa. Biasanya mimikri menyerupai suatu spesies sebagai salah satu cara menghindari bahaya, misalnya bila berhadapan dengan predator. Salah satu contohnya adalah lalat bunga, yang banyak dari spesiesnya menyerupai tawon. Istilah ini jangan dikelirukan dengan kamuflase, di mana seseorang bertindak terhadap bahaya dari spesies hewan lain yang mencari mangsa di lingkungan sekitarnya. Mimikri juga ada pada ikan yang hidup di beting.

Tumbuhan tertentu juga menumbuhkan biji yang berfungsi untuk melawan, di mana biji tersebut menyerupai biji lain yang kaya akan nutrien. Dengan cara itulah, bibit ditumbuhkan.

3 4 3
2014-02-18T04:43:19+07:00
Di dalam kulit tubuh bunglon terdapat sel kromatofor, inilah rahasia kenapa bunglon bisa mengubah warna kulitnya. Kromatofor ini mempunyai banyak lengan yang panjang seperti gurita, dan dikelilingi oleh pigmen.
Perubahan warna kulit bunglon dipengaruhi beberapa hal. Biasanya bunglon dapat mengubah warna kulitnya saat menghindari musuh atau pemangsa. Selain itu, bunglon juga mengubah warna kulitnya ketika musim kawin, ini untuk menarik perhatian bunglon betina, dan menyesuaikan kondisi suhu di suatu tempat.

2 5 2