Jawabanmu

2014-08-27T18:30:35+07:00
Jawaban paling cerdas!
2014-08-27T19:16:45+07:00
-tanah vulkanik : hasil pelapukan abu vulkanik. berwarna kelabu, coklat, dan coklat  kekuningan. kasar dan berdebu, tetapi sangat subur. cocok utk palawija, dan  wilayah2 pertanian. terdapat di sumatra, jawa, bali lombok dan sulawesi.
-tanah aluvial : tanah hasil erosi yg diendapkan di dataran rendah,warnanya kelabu  dan coklat. sifatnya liat/berpasir, dan subur. hampir semua daerah di indonesia  memiliki jenis tanah ini. cocok utk : palawija, tanaman padi, tebu, kelapa, dll
-tanah humus : hasil pembusukan material organik. sangat subur, warna  kecoklatan. banyak terdapat di sumatra, jawa barat, banten, kalimantan, sulawesi  dan  papua. cocok utk pertanian padi, pohon kelapa,dll
-tanah gambut : hasil pembusukan yg kurang sempurna dari tanaman  di daerah yg  selalu digenangi air seperti rawa2. terdapat di pesisir timur sumatra, kalimantan  barat, dan pesisir selatan papua. kurang baik utk pertanian karna selalu  tergenangi air.
-tanah laterit : tanah yg kekurangan unsur hara, kurang subur & tandus. warna  kekuning-kuningan sampai merah. gembur dan mudah pecah. terdapat di  lampung, jateng, jabar, kalbar, dan sulawesi tenggara. cocok utk kelapa,dan  jambu mete. 
-tanah podzol : terbentuk karena suhu rendah & curah hujan tinggi. miskin usur  hara, tdk subur. warna merah sampai kuning. sifatnya seperti pasir kasar,  bagian atasnya strukturnya lepas sedangkan semakin kebawah semakin keras
 banyak terdapat di daerah pegunungan di sumatra, jabar, kalimantan, sulawesi,  maluku dan papua.cocok utk kelapa & jambu mete.
-tanah litosol : hasil pelapukan batuan beku dan sedimen yg baru terbentuk  sehingga berbentuk butiran besar. sifatnya miskin unsur hara, mineralnya  terikat butiran yg besar. banyak terdapat di  sumatra, jateng, jatim, nusa  tenggara, maluku bagian selatan, & papua. Hanya pohon2 besar di hutan yg  dpt tumbuh di tanah ini
-tanah mediteran : tanah hasil pembentukan batu kapur keras, dan  pembentukan sedimen. warna merah sampai coklat. banyak terdapat di jateng,  jatim, sulawesi tengah, sulawesi tenggara, dan nusa tenggara. kurang subur.  cocok utk jati, tembakau, palawija, dll
-tanah renzina : hasil pelapukan batuan kapur didaerah dg curah hujan tinggi. warna hitam, & miskin unsur hara. terdapat di daerah bergamping seperti gunung kidul di yogya

2 5 2