Jawabanmu

2014-08-27T16:48:27+07:00
Menurut pendapat Jan Materson (dari komisi HAM PBB), dalam Teaching Human Rights, United Nations sebagaimana dikutip Baharuddin Lopa menegaskan bahwa HAM adalah hak-hak yang melekat pada setiap manusia, yang tanpanya manusia mustahil dapat hidup sebagai manusia.
Dalam pasal 1 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM disebutkan bahwa “Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakekat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang, hak asai manusia merupakan hak yang bersifat medasar. Keberadaannya tidak dapat digangu gugat bahkan harus dilindungi demi kehormatan serta harkat dan martabat manusia”
2014-08-27T17:00:39+07:00
Simpel aja, HAM itu kan kodrat Tuhan kepada kita (manusia), nah untuk itulah Tuhan memberikan kodratnya kepada kita untuk menjaganya hingga akhir hayat. HAM itu juga kan yang punya bukan cuma diri kita sendiri kan ? Nah makanya itu HAM itu harus diperjuangkan dengan cara yang benar.