1. Timbulnya zaman Malaise (depresi besar) akibat besarnya biaya perang yg dikeluarkan oleh negara" yg
terlibat.
2. Negara yg terlibat dalam PD II banyak yg mengalami kebangkrutan, kecuali AS. Untuk menanamkan
pengaruhnyadi negara" Eropa dll, AS melaksanakan berbagai program, seperti Truman Doctrine (1947),
Marshall Plan (1947), Point Four Truman, dan Colombo Plan yg bertujuan untukmembendung
berkembangnya komunisme.

Jawabanmu

2014-02-17T20:28:19+07:00
Di lokasi lokasi perang dunia banyak pabrik2 atau perusahaan lain menutup sementara kinerjanya, belum lagi jika pedagang lain yang tidak berani memasuki wilayah perang dunia menyababkan ekonomi2  sebagian masyarakat terganggu.
Jawaban paling cerdas!
2014-02-17T20:28:36+07:00
1) Bidang Politik
Amerika Serikat dan Rusia (Uni Soviet) sebagai pemenang dalam Perang Dunia II tumbuh menjadi negara raksasa (adikuasa).
Terjadinya perebutan pengaruh antara Amerika Serikat dan Uni Soviet yang menimbulkan Perang Dingin.
Nasionalisme di Asia berkobar dan timbul negara-negara merdeka seperti Indonesia (17 Agustus 1945),Filipina (4 Juli 1946), India dan Pakistan Dominion (15 Agustus 1947) dan India merdeka penuh 26 Januari 1950, Birma (4 Januari 1948), dan Ceylon (dominion 4 Februari 1948).
Munculnya politik mencari kawan atau aliansi yang dibentuk berdasarkan kepentingan keamanan bersama, misalnya NATO, Pakta Warsawa, dan SEATO.

2. Bidang Ekonomi
Perang Dunia II menghancurkan perekonomian negara-negara di dunia kecuali Amerika Serikat. Amerika Serikat menjadi pusat kekayaan dan kreditur dari seluruh dunia. Untuk menanamkan pengaruhnya di negara-negara Eropa dan yang lain, Amerika Serikat melaksanakan program. Misalnya Truman Doctrine (1947), Marshall Plan (1947), Point Four Truman dan Colombo Plan. Program-program ini merupakan usaha untuk membendung berkembangnya komunisme.

Perekonomian dunia rusak, kecuali Amerika Serikat.
Amerika Serikat tampil sebagai negara kreditur utama bagi negaranegara di seluruh dunia. Oleh karena itu, dibuatlah beberapa program untuk menyalurkan bantuan berupa kredit, seperti: Marshall Plan, Truman Doctrine, Point Four Truman, dan Colombo Plan. ( Marshall Plan dibentuk untuk memberikan bantuan ekonomi dan militer untuk membangun kembali Eropa. Truman Doctrine bertujuan memberikan bantuan ekonomi dan militer kepada Yunani dan Turki. Point Four Truman bertujuan memberikan bantuan ekonomi dan militer kepada negara-negara yang masih terbelakang. Colombo Plan merupakan program kerja sama pembangunan ekonomi dan kebudayaan di Asia Pasifik yang dibentuk di Inggris. )
Jerman dan Jepang tumbuh kembali sebagai negara industri setelah memperoleh bantuan modal dari Amerika Serikat.

4 4 4