Jawabanmu

2014-08-27T14:16:53+07:00

1.Kelelawar
· Merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang.·    Jenisnya terdiri atas :  kelelawar buah (pemakan buah), kelelawar ikan (pemakan ikan), kelelawar lidah panjang (pemakan nektar), kelelawar katak (pemakan katak), dan kelelawar vampir (penghisap darah).·      Hidup di gua yang lembab dan gelap.·      Mencari makan pada waktu malam hari.·      Memiliki daya pendengaran yang tajam.                                                             
2Cecak atau Tokek
·         Dapat merayap di dinding.·    Pada telapak kakinya terdapat struktur lapisan yang bersifat lengket dan tampak seperti guratan-guratan yang berfungsi sebagai alat pelekat.·   Untuk mempertahankan diri dari musuh, cicak memutuskan ekornya dengan tujuan untuk mengelabui musuhnya.  Ekor cicak tersebut dapat tumbuh kembali.
3.Ikan Lele dan Serowot
·          Hidup di air tawar·          Tidak mengandalkan mata untuk mencari makan yang tersembunyi di dasar sungai yang berlumpur dan gelap.·   Mengandalkan kumis (misai) yang merupakan organ indra khusus.·   Misai berbentuk embelan panjang pada bibir bawah dan bibir atas ikan.·          Misai memiliki kuncup pengecap.
4Bunglon·  Dapat mengubah warna tubuhnya sebagai tanggapan terhadap perubahan suhu dan cahaya di sekitarnya.·       Kemampuan untuk menyamar membantu bunglon untuk menangkap mangsa dan menghindari pandangan musuh.·    Memiliki mata yang dapat berputar dan dapat melihat ke segala arah.·          Memiliki kaki yang dapat mencengkeram seperti tangan agar dapat menggenggam dengan kuat.
5.Laba-laba
·      Kebanyakan memiliki pengelihatan yang buruk.·      Membuat jaring untuk menangkap mangsa·      Jaring terbuat dari bahan yang berasal dari organ khusus dalam abdomen (perut) yang disebut alat antih.·      Mengandalkan indra peraba pada kakinya untuk memeriksa apakah terdapat mengsa dalam jaringnya.
6.Jerapah· Memiliki leher yang  panjang sehingga memungkinkan untuk memakan tunas dan daun muda.·         Dapat minum dengan menundukkan kepalanya.·        Memiliki katup kecil pada bagian dalam pembuluh darah di kepalanya sehingga saat ketinggian kepala jerapah berubah, katup tersebut dapat mencegah tekanan darah yang tinggi naik ke kepala.
7.Tupai·       Memakan buah berkulit keras seprti buah kenari, chestnut, hazelnut, dab buah cemara.·       Memiliki ekor yang panjang berumbai dan hampir sama panjang dengan badannya.·   Ekor berfungsi sebagai alat keseimbangan dan kemudi, sehingga memudahkan tupai melompat dari satu pohon ke pohon lain.·     Dapat melompat dari ujung dahan ke dahan lain sejauh 4 meter.
8.Ikan Penyumpit·      Hidup di perairan pantai serta air tawar dari India hingga Australia.·     Menyerang mangsa yang berada di atas air tempat tinggalnya.·  Mampu menyemprotkan air ke udara untuk menjatuhkan serangga dari tumbuhan atau udara.·     Dapat melompat dari air untu menyergap serangga yang hinggap di daun atau dahan yang menggantung di atas air.
9.Paus·     Tulang paus berupa bahan berongga berisi minyak sehingga dapat mengapung di permukaan air.·    Memiliki lapisan lemak yang tebalnya sekitar 50 cm yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap 34⁰C – 37⁰C.·  Paus tergolong binatang menyusui.  Susu paus bukan berbentuk cair tetapi padatan yang sangat berlemak.·      Paus betina menyemprotkan susu ke dalam mulut, susu masuk ke dalam mulut dan terlarut dalam perut bayi paus.
10.Burung Hantu·      Mencari mangsa pada waktu malam hari dan tidur pada waktu siang hari.·  Menggunakan mata dan telinga yang tajam untukmenangkap mangsanya.·   Dapat dengan cepat memusatkan bola mata dalam kegelapan.·      Ketika berburu burung hantu mengeluarkan suara sehingga membuat takut mangsanya. .