Jawabanmu

2014-02-17T18:59:23+07:00
Unsur kalimat disebut juga kalimat utama yaitu sebagai inti dari kalimat tersebut

unsur adalah zat kimia yang tidak dapat di bagi lagi menjadi zat yang lebih kecil
Jawaban paling cerdas!
2014-02-17T19:02:44+07:00
Unsur-unsur Kalimat Suatu kalimat terdiri dari beberapa unsur antara lain : 1. Predikat (P) Predikat dalam pandangan aliran struktural dianggap unsur yang paling penting dan merupakan inti kalimat. Predikat dalam bahasa Indonesia bisa berwujud kata atau frasa verbal, adjektival, nominal, numeral, dan preposisional. Perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini: a. Yasmina duduk-duduk di ruang tamu. b. Anda dan saya tidak harus pergi sekarang. c. Letusan Gunung Merapi keras sekali. d. Makanan itu mahal. e. Ayah saya guru bahasa Indonesia. f. Anda guru? g. Anak kami tiga . h. Peserta audisi itu puluhan ribu orang. i. Dia dari Medan j. Pak Nurdin ke Saudi. Pada sepuluh kalimat di atas, terdapat bagian yang dicetak miring. Ada yang berbentuk kata maupun frasa (lebih dari satu kata). Kata atau frasa yang dicetak miring tersebut berfungsi sebagai predikat. Kalimat a dan b adalah contoh kalimat dengan predikat berkategori verbal, disebut kalimat verbal. Kalimat c dan d adalah contoh kalimat dengan predikat berkatagori adjektival, disebut kalimat adjektival. Kalimat e dan f adalah contoh kalimat dengan predikat berkatagori nominal, disebut kalimat nominal. Kalimat g dan h adalah contoh kalimat dengan predikat berkatagori numeral, disebut kalimat numeral. Kalimat i dan j adalah contoh kalimat dengan predikat berkatagori preposisional, disebut kalimat preposisional. 2. Subjek (S) Disamping predikat, kalimat umumnya mempunyai unsur yang berfungsi sebagai subjek. Dalam pola kalimat bahasa Indonesia, subjek biasanya terletak sebelum predikat, kecuali jenis kalimat inversi. Subjek umumnya berwujud nomina, tetapi pada kalimat-kalimat tertentu, katagori lain bisa juga mengisi kedudukan subjek. Pada sepuluh contoh kalimat di atas, kata atau frasa Yasmina, Anda dan saya, letusan Gunung Merapi, makanan itu, ayah saya, anak kami, peserta audisi itu, dia, dan Pak Nurdin berfungsi sebagai subjek. Subjek yang tidak berupa nomina, bisa ditemukan
2 3 2