Mengapa kondisi tanah di pulau jawa umumnya sangat subur untuk pertanian

1
Pulau Jawa umumnya memiliki banyak gunung vulkanik yang aktif. Saat gunung tsb meletus, maka gunung tsb akan mengeluarkan materi letusan yang mengandung banyak zat hara. Oleh karena itu tanah di Pulau Jawa sangat subur dan tanahnya cocok untuk pertanian.
krn dijawa terdapat bnyk gunung,,dn gunung mengeluarkan abu vulkanis yg baik utk kesuburan tanah
karna , pulau jawa dikelilingi oleh gunung dan pegunungan yang sangat subur untuk dijadikan lahan pertanian dan lainya . mengapa di dataran pulau jawa juga subur ? karena jawa banyak pepohonan yang rindang dan jawa mempunyai tanah yang sangat subur sekali .
Mungkin jenis tanah alluvial juga
disebabkan karna adanya letusan gunung yg mengeluarkan banyak abu . semenjak kejadian letusan gunung itu , pasti semua petani rugi besar . dan setelah letusan tanah menjadi lebih subur . dan karena banyaknya orang yanñg meninggal dan dañ tanah menjadi tanah humus . tanah humus yaitu tanah yang diambil dari tempat pemakaman yang sangat subur seperti letusan gunung dan menjadi abu . :p

Jawabanmu

2016-07-20T12:05:31+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Tanah jawa menjadi tanah yang relatif lebh subur karena :
1. Banyak terdapat gunung berapi, baik yang masih aktif maupun yang udah gak aktif. Hal ini karena aktifitas vulkanik dari gunung yang menyuburkan tanah
2. Curah hujan yang cukup dan teratur, walaupun data ini tdk lagi akurat krn telah banyak pemanasan global
3. Sinar matahari yang cukup, sehingga siklus gegrafis dan geologis cendrung normal
2 5 2