Jawabanmu

2014-08-26T21:51:53+07:00
Penguapan atau evaporasi adalah proses perubahan molekul di dalam keadaan cair (contohnya air) dengan spontan menjadi gas (contohnya uap air). Proses ini adalah kebalikan dari kondensasi. Umumnya penguapan dapat dilihat dari lenyapnya cairan secara berangsur-angsur ketika terpapar pada gas dengan volume signifikan.

Rata-rata molekul tidak memiliki energi yang cukup untuk lepas dari cairan. Bila tidak cairan akan berubah menjadi uap dengan cepat. Ketika molekul-molekul saling bertumbukan mereka saling bertukar energi dalam berbagai derajat, tergantung bagaimana mereka bertumbukan. Terkadang transfer energi ini begitu berat sebelah, sehingga salah satu molekul mendapatkan energi yang cukup buat menembus titik didih cairan. Bila ini terjadi di dekat permukaan cairan molekul tersebut dapat terbang ke dalam gas dan "menguap"
5 4 5
2014-08-26T21:54:58+07:00
Beberapa cara mempercepat penguapan, yaitu: a. MemanaskanSetelah selesai mencuci beberapa bajumu, coba jemurlah salah satunya di tempat yang teduh dan beberapa lainnya di bawah terik matahari. Manakah yang lebih cepat kering? Pada penjemuran yang kamu lakukan, baju di bawah terik matahari akan cepat kering. Hal ini menunjukkan bahwa air yang terkandung pada baju itu lebih cepat menguap.b. Memperluas permukaan zat cairTuangkan sebagian kopi panas yang kamu buat pada cawan. Tunggu sebentar, kemudian minumlah. Coba bandingkan, mana yang lebih cepat dingin, air kopi dalam gelas atau dalam cawan? Kamu akan mendapatkan air kopi dalam cawan lebih cepat dingin dibandingkan dengan air kopi dalam gelas. Hal ini menunjukkanbahwa penguapan air kopi dalam cawan yang memiliki permukaan lebih luas akan lebih cepat daripada penguapan di dalam gelas. c. Meniupkan udara di atas permukaan zat cairSaat kamu menyuapi adikmu dengan makanan panas, mengapa harus ditiup terlebih dulu? Makanan panas yang permukaannya ditiup akan terasa lebih cepat dingin. Hal ini disebabkan karena makanan yang ditiup lebih cepat terjadi penguapan sehingga dingin. d. Mengurangi tekananDengan memperkecil tekanan udara pada permukaan zat, berakibat jarak antar molekul udara menjadi besar. Hal ini mengakibatkan molekul-molekul pada permukaan zat cair akan berpindah ke udara di atasnya sehingga mempercepat proses penguapan.Beberapa peristiwa penguapan, antara lain:1) Merebus air 1000C.2) Menjemur pakaian basah menjadi kering.3) Penguapan gas freon dalam lemari es.4) Alkohol ataupun spiritus yang diteteskan pada kulit tangan dapat menguap.

Kata Kunci :

cara mempercepat penguapan,faktor penyebab terjadinya penguapan,faktor penyebab terjadinya penguapan pada bensin,faktor penyebab bensin menguap,Mengapa saat menjemur pakian yang basah menjadi kering,Mengapa saat menjemur pakaian terjadi peristiwa penguapam?,mengapa menjemur kain basah harus ditempat yang teduh,kenapa bisa terjadi penguapan,Menjemur baju basah menjadi kering
3 3 3