Jawabanmu

2014-02-17T16:25:10+07:00
Nih contoh teks eksplanasi fenomena alam gunung meletus
       Gunung meletus adalah gunung api atau gunung yang masih aktif yang memuntahkan magma, lava, atau lahar. Biasanya gunung meletus juga menyemburkan batuan-batuan besar maupun kerikil beserta dengan gas atau asap berbahaya. Setelah terjadi gunung meletus tanah yang dilewati oleh lahar akan menjadi subur karena lahar mengandung unsur hara dan mineral yang baik untuk tanah.
     Contoh dari peristiwa gunung meletus yang baru terjadi adalah gunung Sinabung, 10 Januari 2014, Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten sinabung, Sumatera Barat kembali meletus. Badan Pengawasan Gunung Sinabung (BPGS) telah menaikkan status menjadi Siaga. Ini disebabkan tingginya aktivitas magma yang terdapat di dalamnya. Sementara ini telah terjadi 14 kali letusan dalam 24 jam terakhir.
     Cara untuk menghindari letusan gunung berapi adalah c
ari tahu apakah Anda tinggal di daerah gunung berapi aktif yang bisa menimbulkan ancaman bagi Anda atau keluarga Anda, Hapalkan dan ketahui rute evakuasi untuk daerah Anda.
Dalam keadaan stres orang bisa saja lupa akan rute ini, akan lebih bijaksana jika bisa menyimpan salinan peta atau membuat rute evakuasi yang ditandai jelas, 
Segera lakukan evakuasi jika sudah diminta untuk meninggalkan lokasi Gunung berapi akan memberikan peringatan-peringatan awal sebelum letusan terjadi, Jangan kembali memasuki zona evakuasi sampai pihak otoritas menyatakan daerah tersebut aman, dan Pastikan untuk memakai masker atau kacamata jika pergi ke luar bangunan karena dampak yang paling utama dari abu vulkanik yang dirasakan manusia adalah masalah pernapasan, seperti iritasi hidung dan tenggorokan, batuk, bronkitis, sesak napas (emfisema) hingga bahkan menyebabkan kematian karena saluran napas menyempit.
3 2 3