Ny Robana nekat memproduksi petasan di rumahnya. pemerintah melarang peredaran berbagai jenis petasan karena dianggap berbahaya, toh tetap saja di
berbagai tempat masih kita dengar bunyi petasan itu. Artinya masih ada orang yang berani memproduksi dan mengedarkannya secara diam-diam. Karena permintaan akan petasan tinggi, Robana dan Nurhasanah terpaksa ngelembur. Apalagi keesokan harinya beberapa petasan yang sudah mereka bungkus menggunakan karung goni harus dikirim ke pemesannya . Lebih dari seratus bauah petasan tak segera mereka masukan dalam karung karena belum kering. Petasan-petasan itu mereka jemur di dalam rumah. Pagi sebelum dikirim, rencanannya, Robana dan Nurhasanah masih punya kesempatan memasukan petasan-petasan itu ke dalam karung yang lain. Namun saking capeknya, Robana dan Nurhasanah ketiduran. Nah, saat itu mereka lupa menjauhkan posisi obat nyamuk bakar dengan petasan yang dijemur.obat nyamuk itu tersenggol kaki Robana dan menyulut petasan yang berada di sebelahnya. Karuan saja, bara obat nyamuk merembet ke petasan yang sudah kering. Suara ledakan petasan bersahutan pun tak terhindarkan. Robana dan Nurhasanah terkejut. Beberapa tetangga muncul menanyakan apa yang terjadi. "Untung ketika itu petasan yang dijemur jauh posisinya dengan petasan yang sudah dikemas," kata Robana kepada anaknya.
Tak tarbayang jika obat nyamuk itu menyulut petasan yang sudah disimpan dalam karung goni. Namun, serombongan polisi datang ke rumahnya. Agaknya ada tetangga yang sudah kesal dan melaporkan kegiatan mereka ke polisi. Dalam kepanikan, Ibu dan anak menyatakan pasrah petasan-petasan yang mereka bikin dengan susah payah dibawa polisi. "Asalkan kita jangan dibawa ke kantor polisi, Pak," kata Robana dengan suara memelas. Wajah Nurhasanah tak kalah pucatnya dibanding Ibunya. Namun polisi tak terpengaruh dengan permohonan ibu dan anak itu. Mereka tetap membawa keduanya ke kantor polisi. Duh, mau untung malah buntung! .. (MENURUT KALIAN, BAGAIMANA SIKAP PEMERINTAH UNTUK MENANGANI MASALAH TERSEBUT?? BUATLAH SOLUSI PERMASALAHAN TERSEBUT!!)

1

Jawabanmu

2014-08-26T19:45:48+07:00
Menusut saya pemerinta harus menyediakan tempat pekerjaan terhadap ny robana agar keduanya tidak mengalami kerugian