Jelaskan mengapa hanya terdapat sikloalkana dan sikloalkena? Mengapa tidak ada senyawa organik siklik (rantai tertutup) yang juga memiliki ikatan rangkap tiga (alkuna)?
Sedangkan alkena saja terdapat senyawa diena terakumulasi. Kerangka diena terakumulasi:

1

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2013-12-21T15:08:45+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Karena alkuna merupakan molekul linear dan semua sudut ikatan sebesar 180° sementara senyawa alkena dapat mengalami reaksi adisi pada ikatan rangkapnya yang ditandai dengan pemutusan ikatan phi (π) dan ikatan sigma (σ)
sikloalkana dapat terbentuk karena alkana dapat menjaga kestabilan molekul nya pada ikatan rantai tertutup.
namun intinya, yang paling berpengaruh dalam "mengapa alkuna tidak dapat membentuk senyawa siklik" ialah, karena alkuna merupakan molekul linear, alkuna akan selalu membentuk senyawa rantai terbuka karena sifat nya tersebut, bahkan logikanya pun, tidak ada suatu bangun datar yang memiliki sudut 180° antar sisinya bukan? sementara senyawa siklik selalu membentuk sudut ≥ 90° antar sisinya.
1 5 1