Jawabanmu

2014-08-26T19:21:14+07:00
Membuat rancangan dasar negara atau piagam jakarta
Jawaban paling cerdas!
2014-08-26T19:22:50+07:00
Pada tanggal 13 Juli 1945, sidang panitia Perancang Undang-Undang Dasar, yang diketuai oleh Ir.Soekarno, membahas hasil kerja panitia kecil di bawahnya, yang tugasnya adalah khusus merancang isi dari Undang-Undang Dasar,, yang beranggotakan 7 orang. Pada tanggal13 Juli 1945, sidang pleno BPUPKI menerima laporan panitia Perancang Undang-Undang Dasar, yang dibacakan oleh ketua panitianya sendiri, Ir.Soekarno. Dalam laporan tersebut membahas mengenai rancangan Undang-Undang Dasar yang di dalamnya tercantum tiga masalah pokok yaitu : 1.   Pernyataan tentang Indonesia Merdeka 2.   Pembukaan Undang-Undang Dasar 3.   Batang tubuh Undang-Undang Dasar yang kemudian dinamakan sebagai " Undang-Undang Dasar 1945", yang isinya meliputi :
-Wilayah negara Indonesia adalah sama dengan bekas wilayah Hindia-Belanda dahulu,  ditambah dengan Malaya, BorneoUtara (sekarang adalah wilayah Sabah dan wilayah Serawak di Negara Malaysia, serta wilayah Negara Brunei Darussalam), Papua, Timor-Portugis (sekarang adalah wilayah negaraTimor Leste), dan pulau-pulau di sekitarnya,
    -Bentuk negara Indonesia adalah Negara Kesatuan,
-Bentuk pemerintahan Indonesia adalahRepublik,
 -Bendera nasional Indonesia adalah Sang Saka Merah Putih,
-Bahasa nasional Indonesia adalah Bahasa Indonesia

1 5 1