Jawabanmu

2014-08-26T19:22:47+07:00

"Bahwa kita harus dapat menguasai lautan kita, kalau kita hendak mendjamin keamanan negara kita seluruhnja. Selama keadaan ini belum tertjapai, maka keselamatan negara kita selalu dapat terantjam, karena dengan demikian maka djustru lawanlah jang akan mempergunakan kemanfaatan2 keadaan fisik daripada Nusantara kita."
(Pidato Letnan Jenderal Abdul Haris Nasution di depan Sidang Pleno Dewan Perancang Nasional (sekarang Bappenas), di Bandung, 13 Januari 1960 tentang Pembangunan Angkatan Perang)
Untaian Zamrud Katulistiwa yang terdiri atas belasan ribu pulau ini dicerai-beraikan oleh perairan yang amat luas, seluas 5,8 juta km2. Luas lautnya 3 kali luas daratannya. Membentang di utara dan selatan garis lintang 0 derajat, Indonesia dikenal sebagai negara maritim terbesar di dunia. Namun demikian sebutan "Negara Maritim" tersebut tidak tercermin dari aktivitas penduduknya, yang amat sedikit berorientasi ke laut. Letaknya yang ditengah-tengah Khatulistiwa memungkinkan hidupnya berbagai jenis ikan dan biota laut yang berkembang biak dengan cepat. Hal ini mengundang nelayan-nelayan asing untuk berburu sumberdaya alam laut (SDL) secara liar (illegal fishing), dikarenakan otoritas, pengamanan dan pemberdayaan SDL kita sangat lemah. Sebutan "Negara Maritim Terbesar" seyogyanya dapat menggugah seluruh komponen bangsa untuk menjadikan predikat tersebut sebagai sebuah kebanggaan, yakni dengan dua komitmen, pertama: memberdayakan perairan agar dapat memberikan lapangan hidup, kedua: membangun kekuatan laut yang besar, kuat dan disegani pihak asing. Ingat: negara-negara Eropa bisa menguasai/ menjajah negara Timur Jauh, Afrika, dan sebagainya karena kekuatan lautnya. Sumberdaya alam di darat yang semakin terbatas hendaknya dapat mengubah orientasi mata pencaharian dari darat ke laut. Illegal fishing dan illegal logging (karena laut lah yang menjadi media transportasi utama untuk kedua-duanya) harus dijadikan pembangkit kesadaran dan pemacu upaya membangun Angkatan Laut yang besar dan tangguh.
4 4 4
2014-08-26T19:51:52+07:00
Memeberi ijin pad kapal yg melintas
1 1 1