Jawabanmu

2014-08-26T18:53:18+07:00
Lingkaran tahun itu adalah lingkaran yang menunjukkan usia pohon itu sendiri, namun hal itu tidak valid karena di usia awal pertumbuhan pohon tidak terlihat lingkaran tahunnya dengan jelas, bahkan hilang sama sekali, karena ketika itu diameter batang masih berukuran kecil.

Lingkaran tahun terbentuk ketika pohon mengalami musim kekeringan dan musim basah. Pada musim basah, pohon mengalami pertumbuhan yang optimal, sehingga diameter kayu mengalami pertambahan yang relatif lebih besar dari pada pertumbuhan pohon ketika musim kering. Karena adanya perbedaan inilah terbentuk lingkaran-lingkaran.

Kamu bisa membuat simulasi pembuatan lingkaran tahun ini di atas kertas. Lingkaran pertama adalah yang terkecil dan lingkaran yang terakhir adalah lingkaran yang terbesar. Lingkaran pertama diameternya jauh lebih kecil dari diameter lingkaran kedua, lingkaran kedua diameternya sedikit lebih kecil dari lingkaran ketiga, lingkaran ketiga diameternya jauh lebih kecil dari lingkaran keempat, dst hingga kamu bosan ^^. Setelah selesai, kamu pandangi dari jauh, kamu akan menyaksikan suatu pola mirip lingkaran tahun.

Jaringan yang membentuknya adalah . . . (coba tebak). Jika kamu menjawab kambium, maka itu kurang tepat. Jawabannya adalah jaringan yang membentuk kambium, yaitu meristem.

Perbesaran batang pohon mungkin maksud kamu adalah perbesaran diameter batang ya? Itu juga akibat aktivitas kambium oleh meristem.
1 1 1
2014-08-26T18:53:23+07:00
Menurut saya lingkaran tahun itu lingkaran yang ada di batang yang muncul dari pertumbuhan kambium, jadi kita bisa mengetahui umur suatu pohon dengan melihat/ menghitung lingkaran tahunnya.

~semoga bisa membantu :) ~
maaf kalo ada kesalahan saya juga sama2 masih belajar :P