Prasasti adalah piagam atau dokumen yang ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama. Penemuan prasasti pada sejumlah situs arkeologi, menandai akhir dari zaman prasejarah, yakni babakan dalam sejarah kuno Indonesia yang masyarakatnya belum mengenal tulisan, menuju zaman sejarah, dimana masyarakatnya sudah mengenal tulisan. Ilmu yang mempelajai tentang prasasti disebut Epigrafi.
Kok napa jadi penjelasan prasasti? :v
bukannya yang di tanya mengenai prasasti ya gan?
Bisa baca ga gan?
kan nanya nya juga ISI PERASASTI KALASAN !!!!

Jawabanmu

2014-02-16T21:12:37+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Prasasti Kalasan adalah prasasti peninggalan Wangsa Sanjaya dari Kerajaan Mataram Kuno yang berangka tahun 700 Saka atau 778 M. Prasasti yang ditemukan di kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta, ini ditulis dalam huruf Pranagari (India Utara) dan bahasa Sanskerta. Prasasti ini menyebutkan, bahwa Guru Sang Raja berhasil membujuk Maharaja Tejahpura Panangkarana (Kariyana Panangkara) yang merupakan mustika keluarga Sailendra (Sailendra Wamsatilaka) atas permintaan keluarga Syailendra, untuk membangun bangunan suci bagi Dewi Tara dan sebuah biara bagi para pendeta, serta penghadiahan desa Kalasan untuk para sanggha (umat Buddha). Bangunan suci yang dimaksud adalah Candi Kalasan. Prasasti ini kini disimpan dengan No. D.147 di Museum Nasional, Jakarta.


jadikan jawaban terbaik ya! plies!
10 2 10
Jawaban paling cerdas!
2014-02-16T21:13:33+07:00
Prasasti ini mengisahkan bahwa para guru keluarga raja (Sailendrawangsatilaka) telah berhasil membujuk Maharaja Dyah Pancapana Kariyana Panangkarana mendirikan bangunan suci untuk Dewi Tara (Candi Kalasan) dan sebuah biara untuk para pendeta (Candi Sari) dalam kerajaan keluarga Syailendra. Kemudian Panangkarana menghadiahkan Desa Kalasan kepada para sanggha yang dijadikan perdikan untuk keperluan pemeliharaannya.
12 4 12
klo bisa jawab dan jawabannya benar tar di jadiin jawaban terbaik...
Maksudnya sangha (persaudaraan para Bhiksu/sekelompok biksu)
Perdikan artinya suatu daerah yang ada dalam wilayah kerajaan tertentu.
Ok, thank you...
Urwell