Jawabanmu

2014-02-16T20:53:09+07:00
Adjective clause, adalah bagian yang sangat penting di dalam bahasa Inggris. Untuk banyak kalimat dan paragraf, kita sangat mungkin menggunakan adjective clause secara berkelanjutan. Sejatinya, apa yang dimaksud dengan adjective clause? Sama-sama yuk kita lihat pembahasannya mulai dari awal.  Pertama, simak dulu penjelasan kalimat bahasa Indonesia yang ada di bawah ini.


Wanita yang memakai topi biru adalah ibu saya.
Kalimat di atas, terdiri dari dua bentuk kalimat yaitu:
Wanita memakai topi biru. Wanita itu adalah ibu saya.
Dua kalimat yang saya pisahkan tadi, digabung menjadi satu bukan? Kemudian, untuk menggabungkan dua klausa tersebut, Anda menggunakan adjective clause. Penggunaan adjective clause ditAndai dengan kata who, which, whom, where, when, dan that. Jika dalam bahasa inggris, maka kalimat bahasa Indonesia yang ada di atas, menjadi, The woman who wears the blue hat is my mother (perempuan yang memakai topi biru adalah ibu saya). Kalimat who wears the blue hat (yang memakai topi biru) itu adalah sebuah contoh adjective clause. Berikut beberapa contoh lainnya:
The girl who is standing next to me is my girlfriend. (Gadis yang berdiri disebelah adalah pacarku)Our house, which has a blue door, has many historical values. (Rumah kami, yang mempunyai pintu berwarna biru, mempunyai nilai sejarah begitu banyak.)People whose car parked there should move it outside. (Orang yang mobilnya diparkir disana harus memindahkannya keluar)You will not find the boy whom I hit yesterday. (Kamu tidak akan menemukan pria yang saya pukul kemarin.)

Ada beberapa bentuk dari adjective clause. Satu demi satu, akan dijelaskan melalui kalimat-kalimat berikut ini.

Who
Digunakan untuk menjelaskan action dari hal yang dibicarakan dalam kalimat.
The girl who is standing at the door is my sister. (Gadis yang sedang berdiri di pintu itu adalah saudara perempuanku.)The students who get the good score will be sent to the Olympiad. (Siswa yang mendapatkan nilai baik akan dikirim ke olimpiade.)My teacher who is really horrible got married two days ago. (Guruku yang begitu galak menikah dua hari yang lalu.)I know the boy who is talking to her. (Saya mengenal lelaki yang sedang berbicara dengannya.)


Which
Digunakan untuk menjelaskan suatu benda secara lebih jauh.
Pizza, which comes from Italy, actually is not really healthy for us. (Pizza, yang berasal dari Italia, sebenarnya merupakan makanan yang tidak terlalu sehat untuk kita.)All of our books, which are lost, are not necessary. (Semua buku kami yang hilang sebenarnya tidak begitu penting.)The apple, which is red and green, is the healthy fruit. (Apel yang mempunyai warna merah dan hijau, merupakan buah yang sehat.)


Whose
Whose digunakan untuk menunjukkan kepemilikan terhadap suatu benda.
The students whose names are written on the list should meet the teacher. (Siswa yang namanya tertulis dalam daftar harus menemui guru.)I will meet my father whose advice I can trust. (Saya akan menemui ayah saya yang nasihatnya bisa saya percaya.)They know the person whose car was broken last night. (Mereka mengenal orang yang mobilnya rusak tadi malam.)


Whom
Whom selalu berkaitan dengan penjelasan mengenai objek. Berbeda dengan who yang memberikan penjelasan bahwa seseorang melakukan sesuatu. Whom menjelaskan seseorang yang pasif serta dijadikan sebagai objek dalam kalimat.
I do not know the girl whom you invite. (Saya tidak tahu siapa gadis yang kamu undang.)They cannot find the girl whom you saw last week. (Mereka tidak dapat menemukan gadis yang kamu lihat minggu lalu.)His company hires the man whom we interviewed last Saturday. (Perusahaannya mempekerjakan seseorang yang kita wawancarai sabtu lalu.)


That
Digunakan untuk menjelaskan suatu benda secara lebih jauh. Hampir sama dengan which. Kendati demikian, keduanya amat berbeda. Perbedaan lengkapnya akan dibahas pada artikel berikutnya.
The building that I work is blue. (Bangunan tempat saya bekerja berwarna biru.)The students that are busy in the class have been placed outside. (Siswa yang rebut di dalam kelas disetrap di luar.)The student that reaches the highest score will be given a medal. (Siswa yang meraih nilai tertinggi akan diberikan medali.)


Where
Digunakan untuk menyatakan tempat sesuai dengan konteks kalimat yang ada.
The place where I was born has been changed to the large buildings. (Tempat dimana saya lahir telah diubah menjadi bangunan-bangunan tinggi.)I love the beach where you brought me last year. (Saya menyukai pantai dimana kamu mengajak saya tahun lalu.)They remember the place where you got an accident. (Mereka ingat tempat dimana kamu kecelakaan.)


When
Digunakan untuk menjelaskan waktu terkait dengan konteks kalimat yang ada.
It was wonderful when I saw your smile. (Sangat mengagumkan ketika saya melihat senyumanmu.)I can’t remember the day when you were born. (Saya tidak mampu mengingat hari saat kamu lahir.)1945 is the year when Indonesia got the independence.  (1945 adalah tahun ketika Indonesia merdeka.)
2014-02-16T20:53:27+07:00
Merubah kata benda. lebih tepatnya Tepatnya menggambarkan, memperkenalkan, atau memberikan informasi lebih lanjut tentang suatu kata benda