Jawabanmu

2014-02-16T20:06:11+07:00
Eksoterm = mengeluarkan / mengurangi panas
endoterm = memasukkan / menambah panas

gitu ya?
Jawaban paling cerdas!
2014-02-16T20:06:12+07:00
Reaksi eksoterm adalah reaksi yang membebaskan kalor, karena terjadi aliran kalor dari sistem ke lingkungan. Sistem membebaskan energi, sehinggal entalpi sistem akan berkurang. Nah, berarti, entalpi produk < entalpi reaksi. Jadi, perubahan entalpi reaksinya bernilai negatif.
Reaksi endoterm adalah reaksi yang menyerap kalor, karena terjadi aliran kalor dari lingkungan ke sistem. Sistem menerima energi, sehingga entalpi sistem akan bertambah. Berarti, entalpi produk > entalpi reaktan. Jadi, perubahan entalpinya bernilai positif.
2 4 2