Jawabanmu

2014-08-26T14:16:51+07:00
Tujuan utama dibentuknya VOC seperti tercermin dalam perundingan 15 Januari 1602 adalah untuk “menimbulkan bencana pada musuh dan guna keamanan tanah air”. Yang dimaksud musuh saat itu adalah Portugis dan Spanyol yang pada kurun Juni 1580 – Desember 1640 bergabung menjadi satu kekuasaan yang hendak merebut dominasi perdagangan di Asia. Untuk sementara waktu, melalui VOC bangsa Belanda masih menjalin hubungan baik bersama masyarakat Nusantara.
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-08-26T14:19:33+07:00
Tujuan VOC yaitu 1. menghindari persaingan diantara sesama pedagang belanda
2. memperkuat posisi belanda dalam menghadapi persaingan dengan bangsa lain
3.membantu dana pemerintah belanda yang sedang berjuang menghadapi konflik dengan spanyol