Jelaskan Bank Indonesia sebagai regulator dalam sistem pembayaran? tolong bantuannya ya terimakasih :)

1
BI sebagai regulator dalam sistem pembayaran, maksudnya adalah untuk mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, BI adalah satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan, mengedarkan, mencabut, menarik, dan memusnahkan uang rupiah dari peredaran karena BI merupakan bank sentral di indonesia

Jawabanmu

2014-02-17T17:01:43+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Salah satu penyebab krisis adalah karena adanya gagal bayar yang menyebabkan terjadinya krisis secara sistemik. Di sini bank indonesia bertanggung jawab memastikan tidak ada suatu proses yang terhenti atau terhambat karena adanya gagal bayar. Ambil contoh sebuah Bank A melalukan transaksi valas dengan Bank B, karena keterbatasan kas maka bank B tidak dapat membayar ke bank A. Akibatnya bank A kekurangan cadangan kas (atau giro wajib minimum), dan hal ini berdampak pada nasabah bank A yang ingin mengambil uang kas. Bila hal ini tidak diinterupsi oleh bank indonesia maka symptom krisis sistemik akan terjadi. 
2 1 2