Jawabanmu

2014-08-26T14:44:34+07:00
Banyak macamnya..:
ada tiga jenis kabel

1.Twisted Pair : twisted pair terbagi 2 yaitu unshielded twisted pair(UTP) dan Shielded Twisted Pair (STP) bedanya STP memiliki penyelubung yang tebal, sedangkan UTP sebaliknya.
2.Fiber Optic : fiber optic adalah kabel yang menggunakan kecepatan cahaya untuk mengirim data.. kabel ini dbuat oleh serat(fiber) kaca(optic)
3.Coaxial : kabel ini hanya baik untuk topologi bus, karena kabel ini sering mengalami colision (tabrakan data) . kabel ini  yang ada pada kabel televisi contohnya

semoga membantu ;)
2014-08-26T15:47:31+07:00


Twisted Pair
  Kabel Twisted Pair terjadi dari dua kabel yang diputer enam kali per-inhi untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi atau tahanan listrik yang konsisten. Nama yang umum digunakan untuk kawat ini adalah IBM jenis atau kategori 3.



Shielded Twisted Pair
Kabel STP sama dengan kabel UTP, tetapi kawatnya lebih besar dan diselubungi dengan lapisan pelindung isolasi untuk mencegah gangguan interferensi. Jenis kabel STP yang paling umum digunakan pada LAN adalah IBM jenis atau kategori 1.
"shielded twisted pair" juga jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis installasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel. Kabel STP juga digunakan untuk jaringan data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi EMI.

Kabel Fiber Optick
  Kabel Fiber Optick adalah tekhnologi kabel terbaru. Terbuat dari glas optick. Di tengah-tengah kabel terdapat filamen glas, yang disebut "core", dan dikelilingi lapisan "cladding", "buffer coating", material penguat, dan pelindung luar. Informasi ditransmisikan menggunakan gelombang cahaya dengan cara mengkonversi sinyal listrik menjadi gelombang cahaya. Transmisitter yang banyak digunakan adalah LED atau Laser.
Kabel Fiber Optick banyak digunakan pada jaringan WAN untuk komunikasi suara dan data. Kendala utama penggunaan kabel Fiber Optick di LAN adalah perangkat elektroniknya yang masih mahal. Sedangkan harga kabel Fiber Opticnya sendiri sebanding dengan kabel LAN UTP.


thanks you