Jawabanmu

2014-08-26T14:10:19+07:00
pengertian hari kesaktian pancasila yaitu maksudnya pancasila sebagai dasar negara indonesia pada tanggal 1 oktober pancasila dapat mengalahkan usulan sidang BPUPKI.maka dari itu pada tanggla 1 oktober di rayakan sebagai hari kesaktiaan pancasila.
Jawaban paling cerdas!
2014-08-26T14:28:19+07:00
Tepat tanggal 1 oktober, kita kembali memperingati hari yang sangat krusial bagi terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara di Republik Indonesia.Mungkin kini banyak yang lupa atau bahkan melupakan hari kesaktian Pancasila, sebab seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semain pesat, kita pun seakan terbius untuk melupakan sejarah yang sangat penting sebagai wujud terbentuknya dasar negara kepulauan, Indonesia.Peringatan Kesaktian Pancasila ini berakar pada sebuah peristiwa tanggal 30 September  1965.Konon, ini adalah awal dari Gerakan 30 September (G.30.S/PKI).Oleh pemerintah Indonesia, pemberontakan ini merupakan wujud usaha mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis.Pada saat itu setidaknya ada enam orang Jendral dan berberapa orang lainnya dibunuh sebagai upaya kudeta.Namun, berkat kesadaran untuk mempertahankan Pancasila maka upaya tersebut mengalami kegagalan.Maka, tanggal 30 September diperingati sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila dalam sejarah Republik Indonesia.Makna Kesaktian PancasilaSebagai dasar negara, Pancasila tidak hanya merupakan sumber derivasi peraturan perundang-undangan.Melainkan juga Pancasila dapat dikatakan sebagai sumber moralitas terutama dalam hubungan dengan legitimasi kekuasaan, hukum, serta berbagai kebijakan dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan negara.Pancasila mengandung berbagai makna dalam  kehidupan berbangsa dan bernegara.
1 5 1