Jawabanmu

2014-08-26T13:35:15+07:00
Memasukkan termometer kedalam es yg sedang melebur
Jawaban paling cerdas!
2014-08-26T16:04:09+07:00
Diketahui larutan urea 0,5 molal membeku pada suhu -0,9 C. Berapa titik beku dari :
a. Larutan urea 1 m?
b. Larutan glukosa 1 m?
Dik:
Urea 0,5 m
Tf = -0,9 C
ΔTf = 0,9 C

Mencari Kf (Koefisien titik beku air)
ΔTf = m X Kf X i
0,9 = 0,5 X Kf X 1
Kf = 0,9 : 0,5
Kf = 1,8

a. Urea 1 m
ΔTf = m X Kf X i
ΔTf = 1 X 1,8
ΔTf = 1,8 C
Tf = -1,8 C

b. Glukosa 1 m
ΔTf = m X Kf X i
ΔTf = 1 X 1,8
ΔTf = 1,8 C
Tf = -1,8 C

*Titik beku a & b sama karena konsentrasinya sama yaitu 1 molal. Ingat, sifat koligatif dipengaruhi oleh konsentrasi larutan, bukan jenis larutannya. Jadi kalau konsentrasi sama, titik beku sama.

Ket.
Kf = koefisien titik beku
Tf = Titik beku
ΔTf = Perubahan titik beku

itu contoh soalnya..