Jawabanmu

2014-08-26T13:02:48+07:00
Menyatakan bahwa pancasila merupakan dasar negara
1 1 1
Jawaban paling cerdas!
2014-08-26T13:05:25+07:00
Ubungan Antara Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945Pancasila, UUD 1945 dan Proklamasi17 Agustus selalu berkaitan, ketiganya mempunyai hubungan dilihat dari dua aspek, yaitu :1.      Aspek KesejarahanMaksudnya bahwa riwayat singkat perumusan dan kesepakatan pancasila bersama dengan perumusan naskah proklamasi dan UUD 1945 yang dilakukan oleh para tokoh perjuangan kemerdekaan dan pendiri Negara Republik Indonesia yang tergabung dalam BPUPKI dan PPKI dari tanggal 29 Mei 1945 sampai dengan tanggal 18 Agustus 1945.2.      Hubungan KemakmuranMaksudnya adalah rumusan pancasila yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 yang merupakan pokok kaidah Negara  fundamental yang menjalankan dirinya sebagai dasar kelangsungan hidup Negara Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
Jadi, Negara kesatuan Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan Pancasila sebagai dasar Negara dan UUD 1945 sebagai dasar hukum itu merupakan puncak perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.Corak perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia terbagi atas 3 corak, yatu :1.       Corak Kebangsaan,yaitu :Pergerakan yang bertujuan untuk mendirikan Negara merdeka yang menjadi milik semua orang dan golongan dalam masyarakat, urusan agama tidak termasuk urusan Negara.2.      Corak Religius,yaitu ;Pergerakan yang bertujuan untuk mendirikan Negara merdeka dengan agama Islam sebagai dasarnya.3.      Corak Sosiolistik,yaitu :4.      Negara merdeka dengan dasar sosiolistik, Negara merdeka dengan dasar sosialisme dan komunisme.
Bila kita tinjau kembali proses perumusan pancasila dan pembukaan UUD 1945, maka secara kronologis materi yang dibahas oleh BPUPKI yang pertama-tama adalah dasar falsafah pancasila baru kemudian pembukaan UUD 1945. Setelah pada sidang pertama pembukaan UUD 1945 BPUPKI membicarakan dasar falsafah Negara pancasila berikutnya tersusunlah piagam Jakarta yang disusun oleh panitia 9, sebagai wujud (bentuk) pertama pembukaan UUD 1945.Jadi, berdasarkan urut-urutan tertib hukumIndonesia, pembukaan UUD 1945 adalah sebagai tertib hukum yang tertinggi, adapun tertib hukum Indonesia bersumber pada Pancasila., atau dengan kata lain pembukaan pancasila sebagai sumber tertib hukum Indonesia. Hal ini secara materil tertib hukum Indonesia dijabarkan dasar nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila sebagai sumber tertib hukum Indonesia meliputi suber nilai, sumber materi, sumber bentuk dan sifat.Selain itu dalam hubungannya dengan hakikat dan kedudukan pembukaan UUD 1945 sebagai pohon kaidah Negara yang fundamental, maka sebenarnya secara materil yang merupakan esensi atau inti sari dari pohon kaidah Negara fundamental tersebut tidak lain adalah Pancasila.Pancasila yang tetap dan benar adalah pancasila sebagai Dasar Negara yang terdapat didalam pembukaan UUD 1945. Pembukaan UUD 1945 sebagai pokok kaidah Negara fundamental, mempunyai kedudukan yang tetap dan melekat pada kelangsungan hidup Negara Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Sebagai landasan hukum dapat dilihat pada TAP MPRS Nomor XX/MPR/1978.Oleh sebab itu tidak dapat diubah oleh siapapun termasuk MPR dan DPR sesuai dengan sifat konsitusinya dalam pasal 3 dan pasal 37 UUD 1945 mereka hanya berwenang menetapkan dan mengubah batang tubuh UUD saja,karena mengubah pembukaan UUD berarti meniadakan Negara Republik Indonesia dan sekaligus meniadakan pancasila yang merupakan jiwa Negara Republik Indonesia.
1 5 1