Jawabanmu

2014-08-25T22:56:28+07:00
Fakta memliki semla unsur yang sudah nyata dan benar, sedangkan opini semua unsurnya belum tentu benar atau di ragukan
1 5 1
2014-08-25T22:56:43+07:00
1. Fakta             Menurut KBBI, fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Nah, untuk mengenali fakta, dapat dilihat dari ciri-cirinya. Ciri-ciri fakta tersebut adalah sebagai berikut.
a. Adanya penanda, seperti:
- Nama - Keterangan: waktu dan tempat - Angka - Ukuran: cm, m, Celcius, Kg, dll b. Jawaban dari pertanyaan: - What (apa) - Where (di mna) - When (kapan) - Who (siapa) - Why (mengapa) c. Menggunakan istilah yang bersifat objektif, seperti: - Adalah - Ialah - Merupakan
2. Opini             Menurut KBBI opini adalah pendapat; pikiran; pendirian. Sifat dari opini adalah subjektif. Hal ini dikarenakan bahwa opini merupakan tanggapan tentang suatu hal. Intinya, opini itu adalah penilaian terhadap fakta. Agar memudahkan kita, berikut beberapa penanda dari opini. a.    Ditandai dengan bentuk-bentuk kata sifat, seperti: baik, buruk, manis, sangat, banyak, sulit, mudah, dll. b.    Ditandai dengan kata-kata penganjuran, seperti: sebaiknya, seharusnya, semestinya, dll. c.    Ditandai dengan kata-kata seperti berikut: bisa jadi, mungkin, diperkirakan, menurut, semakin, beberapa, dll. d.   Merupakan jawaban dari pertanyaan How (bagaimana).
Contoh: (1)   Indonesia adalah negara kepulauan. (2)   Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas.
Jawaban:
Kalimat yang merupakan fakta adalah kalimat nomor (1), kaliamat yang merupakan opini adalah kalimat nomor (2).

4 2 4