Jawabanmu

2014-02-16T17:37:14+07:00
Ciri-ciri rumah adat kalimantan timur :
pada pada ukiran atap ada terdapat patung yang ebrbebtuk naga dan bunrung enggan. Yang mengandung arti kesaktian dan kewajiban masayarakat Dayak. Pada bagian dinding yang paling em,nonjol adalah dari segi warna. Rumah ini dominan dengan warna kuning, putih dan hitam yang berbentuk salur pakis dan mata yang masyarakat percaya mengandung makna suku Dayakmampu niat buruk orang lain yang akan  mencelakakan suku Dayak dan melambangkan persaudaraan suku Dayak. Selain itu juga pada bagian kaki yang berbnetuk ukiran kerangka manusia dan juga binatang wanita memakai kain, serta bentuk semi-abstrakyang melambangkan persaudaraan suku Dayak desa Pampang. Masayarat percya ukiran dan patung tersebut berfungsi untuk mengusir roh-roh jahat mengingat kepercayaan suku Dayak yang masih percaya dengan kekuatan-kekuatan gaib atau animisme.Bahan utama bangunan rumah adat Lamin adalah kayu ulin atau banyak orang yang menyebutnya sebagai kayu besi. Disebut kayu besi karena memang jenis kayu tersebut adalah kayu yang sangat kuat. Bahkan banyak orang mengatakan jika kayu ulin terkena air maka justru tingkat kekuatannya akan semakin keras. Mungkin hal inilah yang membuat banyak orang yang membangun rumah di atas dataran rawa atau pinggiran sungai namun tahan lama umur bangunannya. Selain bangunan, totem-totem yang ada di bagian depan Lamin juga terbuat dari bahan kayu ulin. Menurut saya pribadi, bangunan yang terbuat dari bahan kayu ulin memiliki kesan mewah karena warna hitam khasnya. Hanya saja menurut penduduk sekitar saat ini agak sulit untuk mencari pohon ulin karena ada alih konversi lahan serta perambahan hutan-hutan.Di bagian dalam lamin terdapat beberapa alat yang biasa digunakan dalam melakukan upacara adat tertentu. Di bagian dalam Lamin sempat ada beberapa tengkorak kepala kerbau yang bertuliskan tanggal waktu. Menurut saya tanggal tersebut menunjukkan kapan seseorang tersebut meninggal. Dan juga Saya yakin tengkorak tersebut adalah bagian dari upacara melepas kematian yang biasa dilakukan oleh suku Dayak. ‘Menyembelih’ kerbau adalah rangkaian puncak dari upacara Kuangkai (lihat postingan saya sebelumnya) yang dilakukan untuk upacara kepergian seseorang yang telah meninggal).
2 2 2
Jawaban paling cerdas!
2014-02-16T17:46:00+07:00
Rumah Betang Kalimantan Barat, rumah adat Kalimantan Barat ini pada umumnya dihuni oleh Suku Dayak disekitar hulu sungai. Keunikan rumah adat Kalimantan Barat ini sangat panjang sekali, bahkan ada yang panjangnya hingga 150 meter. 21. Rumah Betang Kalimantan Tengah, rumah adat Kalimantan Tengah juga memiliki banyak kesamaan dengan rumah adat Kalimantan Barat, mulai dari nama, bentuk, ukuran, penghuni, dll. Hal ini dikarenakan letak Kalimantan Tengah dan Barat yang berdekatan. 22. Rumah Banjar, merupakan rumah adat Kalimatan Selatan yang mana pada umumnya dihuni oleh Suku Banjar. Ciri khas dari rumah tradisional Suku Banjar ini terdapat pada gaya arsitekturnya yang unik dan ukirannya yang dekoratif. 23. Rumah Lamin, rumah adat Kalimantan Timur ini merupakan rumah tradisional Suku Dayak Kalimantan. Tipe rumah ini adalah panggung dengan luas sekitar 500 meter persegi yang dapat menampung lebih dari 10 keluarga. 24. Rumah Baloy, rumah adat Kalimantan Utara yang paling dikenal oleh masyarakat setempat. Mayoritas yang menghuni Rumah baloy adalah Suku Tidung, suku asli Kalimanatan Utara. Rumah Baloy memiliki nilai arsitektur yang tinggi dengan ukiran dan pahatannya.


MAAF, KLO JWBAN KU TIDAK BERATURAN :(
Gak apa2.. :D
yang penting bisa dibaca ,,
iya, makasih :)
Yaa :D
knp :D