Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-25T21:39:06+07:00
Komponen kimia sel terdiri atas senyawa organik dan senyawa anorganik.

A. Senyawa Anorganik
Senyawa anorganik adalah senyawa yang jumlah terbanyaknya tidak terdapat didalam tubuh mahluk hidup/ senyawa yang keberadaanya banyak terdapat diluar tubuh.
Senyawa Anorganik sel meliputi:

1. Air.
Air terbagi atas:
a. Air bebas: Air bebas adalah air yang tidak terikat oleh senyawa lain.
b. Air Terikat: Adalah air yang terikat oleh senyawa lain.
Fungsi air antara lain:
a. Sebagai pelarut zat organik dan zat anorganik
b. Sebagai alat transportasi, yaitu : pembawa sisa sari-sari makanan, pembawa sisa metabolisme, dan menyediakan makanan.
c. Sebagai medium atau tempat terjadinya reaksi kimia.
d. Sebagai pengatur suhu.

2. Gas
Salah satu contohnya adalah O2 dan CO2.
Fungsi O2: Untuk mengoksidasi zat-zat makanan yang akan digunakan untuk menghasilkan energi.
Fungsi CO2: Digunakan untuk fotosintesis pada tumbuhan.

3. Garam Mineral
Adalah suatu senyawa yang terbentuk dari asam dan basa.
Fungsinya :
a. Untuk fungsi fisiologis
b. Untuk menjaga keseimbangan osmosis sel
c. Untuk menjaga keseimbangan energi.
d. Untuk menjaga keseimbangan asam dan basa.
Contohnya:


a. NaCl --> Na++Cl-

4. Asam basa
Fungsi: Untuk mengatur pH sel.

B. Senyawa Organik
Adalah senyawa yang jumlah terbanyaknya berada didalam tubuh .
Senyawa Organik sel meliputi:

1. Karbohidrat:
Macam : Monosakarida, Disakarida, dan Polisakarida.
a. Monosakarida: Untuk menghasilkan energi (satu gugusan gula sederhana).
Macam:
1. Triosa : tersusun dari 3 atom C, contoh: Gliserald Hid
2. Pentosa : tersusun dari 5 atom C, contoh: Ribosa
3. Heksosa :  tersusun atas 6 atom C, contoh: Glukosa, Fruktosa, Galaktosa
b. Disakarida: Untuk menghasilkan makanan ataupun energi (Dua gugusan gula sederhana)
Macam:
1. Sukrosa: gula pada tebu
2. Maltosa: gula yang terdapat pada biji-bijian.
3. Laktosa: gula susu dari kelenjar susu mamae.
c. Polisakarida: Pembentuk membran, xilem dan dinding sel.
Macam :
1. Homopolisakarida:
- Amilum (zat pati): hasil dari fotosintesis, contohnya : Beras dan tepung.
- Glikogen: gula yang tersimpan diotot maupun hati.
- Inulin:  sel akar tumbuhan tertentu yang berfungsi sebagai cadangan makanan.
- Lignin: terdapat pada sel xilem dan dinding sel, semakin tinggi konsentrasinya maka dinding akan semakin kuat
- Selulosa: berfungsi sebagi pelindung sel pada tumbuhan dan pengeluar feses pada manusia
2. Heteropolisakarida
-Kitin: Pembentuk eksoskeleton
-Heparin: pembentuk pembuluh darah terutama arteri.

2. Lemak
 Macam lemak adalah:
a. Lemak Sederhana: Tersusun dari 1 gliserol dan 3 asam lemak.
1. Lemak jenuh: Sudah mempunyai atom H yang maksimal, Contohnya asam stearat.
2. lemak tidak jenuh: Jumlah atom H pada rantai belum maksimal. Contohnya: asam oleat dan asam linoleat
b. Lemak gabungan: Gabungan dari asam lemak dan senyawa-senyawa yang lain.
contoh:
1. Fosfolipid: gabungan antara lemak dan fosfat
2. Glikolipid: gabungan antara lemak dan karbohidrat.
3. Lipoprotein: gabungan antara lemak dan protein.
4. Karotenoid: gabungan antara lemak dengan pigmen.
c. Turunan Lemak: adalah turunan dari lemak yang rantai hidrokarbonnya berbentuk cincin.
contoh:
1. Steroid-> kolesterol: yaitu turunan lemak yang bisa mengangkut lemak dari tumbuhandan bisa tertimbun dipembuluh darah
2. Lemak Jahat: penyebab penyumbatan pembuluh darah.

Fungsi Lemak:
a. Membentuk membran sel.
b. Melindungi organ-organ tubuh
c. Mempertahankan suhu tubuh.
d. Cadangan energi
e. Menghasilkan energi.

3. Protein:
a. Protein Gabungan
: Jika protein terhidrolisis maka akan meghasilkan asam amino dan senyawa yang lain.
b. Protein sederhana
: Jika diuraikan maka akan menjadi asam amino.

4. Asam Nukleat

Terdiri atas senyawa fosfat, basa nitrogen dan gula pentosa.
a. Golongan basa nitrogen:
1. Purin: Adenin(A), Guanin (G)
2. Pirimidin: Timin(T), Sitosin(S), Urasil (U)
b. Golongan Gula Pentosa:
1. Ribosa: RNA
2. Dioksi Ribosa: DNA

Semoga membantu ^^
Terimakasih Banyak, Sangat Membantu !
Iya sama sama :)
2014-08-25T21:39:42+07:00
Terdiri atas senyawa organik dan senyawa anorganik
senyawa organik meliputi : karbohidrat lemak protein dan asam nukleat
senyawa anorganik meliputi : asam basa , garam mineral , gas dan air