Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-25T20:45:50+07:00

Alam dan alam :
1. Air dengan tumbuhan : Tumbuhan membutuhkan air untuk tumbuh dan berkembang serta untuk menyimpan air pada tumbuhan
2. Tumbuhan dengan tanah : Tumbuhan membutuhkan zat hara dari tanah serta untuk tumbuh
3. Air dengan tanah : Contohnya pengairan pada sawah, tanah membutuhkan air supaya dapat terus subur.
4. Air dengan hewan : Hewan membutuhkan air untuk minum
5. Tumbuhan dengan hewan : Misalnya hewan herbivora membutuhkan tumbuhan untuk makan, contohnya daun di pepohonan.

Alam dan sosial :
1. Manusia dengan air : manusia membutuhkan air untuk minum , mandi , dll.
2. Manusia dengan hewan : manusia dapat membutuhkan daging hewan untuk bahan konsumsi
3. Manusia dengan udara : manusia membutuhkan udara untuk bernafas
4. Manusia dengan tanah : Manusia membutuhkan tanah untuk bercocok tanam , tempat berpijak , membangun rmh, dll.
5. Manusia dengan tumbuhan : manusia membutuhkan tumbuhan untuk bahan konsumsi

 Alam dengan budaya/binaaan/buatan :
1. masyarakat yang tinggal dikaki gunung bromo sering mengadakan upacara2 sesajen dan menjadi kebudayaan dalam suku tersebut
2. Upacara ngaben , masyarakat mengadakan upacara pembakaran mayat
3. sekaten , masyarakat megadakan sekaten saat akan maulud nabi

15 2 15
2014-08-25T20:50:13+07:00
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita, hidup dan kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari pengaruh lingkungan. Mempelajari lingkungan dalam kehidupan lebih banyak dipakai istilah lingkungan hidup. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 pasal 1 ayat 1 mengartikan Lingkungan Hidup sebagai berikut:
“Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan kesemua benda, daya, keadaan dan mahluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya”

Bisa diartikan, Lingkungan Hidup merupakan suatu sistem yang meliputi lingkungan hayati, lingkungan non hayati, lingkungan buatan dan lingkungan sosial. Sumber daya alam (SDA) merupakan salah satu unsur lingkungan alam, baik hayati maupun on hayati, yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya dan meningkatkan kesejahteraannya. Sumber daya alam sangat banyak dan melimpah, jadi disusunlah klasifikasi sumber daya alam, yang antara lain meliputi sumber daya alam terbarui dan tak terbarui.

Lingkungan alam berupa sungai
Lingkungan alam adalah segala sesuatu yang ada di alam dan diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT. Contoh lingkungan alam yang ada di permukaan bumi adalah sungai, danau, laut, gunung dan lembah.

Perumahan merupakan contoh lingkungan buatan
Lingkungan buatan adalah segala sesuatu yang sengaja atau tidak sengaja dibuat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya desa, kota, pabrik, rumah, waduk, sawah, tambak, perkebunan, dll.
Dalam pembangunan permukiman diperlukan keseimbangan dengan ekosistem, sehingga tidak melebihi daya dukung lingkungan. Dalam beberapa kasus, masalah lingkungan buatan lebih sulit ditangani daripada lingkungan alam. Untuk itu diperlukan strategi berdasarkan keberlanjutam, sehingga diharapkan dapat:
1. memperbaiki dan menjamin penyediaan air bersih
2. meminimumkan masalah pembuangan sampah
3. mengurangi pengubahan lahan subur untuk pertanian menjadi pemukiman dan membantu mempertahankan produktivitas lahan
4. mengembangkan pola konservasi energi untuk keperluan hidup dan produksi barang
5. mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang tersedia
6. memadukan pemeliharaan dan pelayanan pemukiman dengan penyediaan lapangan pekerjaan, pembangunan masyarakat dan pendidikan
1 1 1