Jawabanmu

2014-08-25T20:45:41+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Anda bisa cek di page http://coconatfiber.blogspot.com/

2014-08-25T20:47:15+07:00
Bagaimana cara membuat Nata de coco ? inilah langkah-langkah singkat untuk membuatnya.
 
Bahan-bahan yang kita perlukan, yaitu:
 
100 liter air kelapa
100 gram(gr) gula pasir
500 gram (gr) ZA
50 mili liter (ml) asam cuka/ asam asetat
1 sendok makan asam sitrat
 
Cara membuatnya adalah:
 
100 liter air kelapa disaring, kemudian ditambahkan dengan: 100 gr gula pasir, 500 gram (gr) ZA
Mendidihkan campuran bahan-bahan nomor 1 di atas, kemudian mematikan api kompor, dan menambah campuran tersebut dengan  50 mili liter (ml) asam cuka/ asam asetat.
Pembuatan starter
 
Untuk starter bisa diperoleh di toko kimia atau perusahaan yang membuat nata de coco, atau bagi yang ingin membuatnya sendiri bisa dengan cara sebagai berikut :
 
Sediakan buah nanas yang matang dan dikupas kemudian dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil untuk memudahkan penghancuran.
Buah nanas yang telah dihancurkan kemudian diperas sari buahnya sampai habis dan ampas nanas dicampur dengan gula pasir serta air dengan perbandingan 6 : 3 : 1  ( Ampas nanas : Air : Gula )
Campuran diaduk sampai rata dan dimasukan kedalam botol kemudian ditutup dengan kertas disimpan selama 2 minggu sampai terbentuk lapisan putih di atasnya.
Larutan ini merupakan starter untuk pembuatan nata de coco
Pembuatan Nata de Coco
 
Siapkan nampan yang telah disterilisasikan (melalui pemanasan oleh sinar matahari/pencelupan nampan bersih ke dalam air panas).
Memasang karet gelang pada bagian tengah nampan hasil sterilisasi.
Memasukkan air kelapa hasil pendidihan  ke dalam loyang ± 1—1,5 liter di setiap loyang, kemudian menutupnya dengan koran dan mengikatnya dengan karet. Setelah itu dibiarkan hingga dingin (memeramnya selama ± 1 hari).
Setelah dingin (± 1 hari) dilakukan inokulasi yaitu menambahkan starter  yang telah dibuat ke dalam loyang berisi campuran air kelapa yang telah didinginkan tadi (diperam), dan memeramnya kembali selama 7 hari.