Jawabanmu

2014-08-25T20:37:33+07:00
Sebab sosiologi adalah :
1. Fisika Sosial, jadi mempelajari society secara saintifik [sudah ditegaskan oleh Auguste Comte, Bapak Sosiologi].
2. Selain itu, fondasi berpikir dalam Sosiologi adalah empiris dan positif [menurut Auguste Comte, Sosiologi itu positif], bukan metafisik / filosofis [misalnya filsafat Etika, sehingga bersifat non-etis].
3. Cara berpikir yang digunakan adalah induktif [bukan deduktif] dan mendasarkan pengetahuannya kepada fakta-fakta [bukan dogma].
4. Semua teori-teori Sosiologi dapat dicek kebenarannya/diverifikasi berdasarkan kemampuan manusia, jadi tidak pernah transendental.

2014-08-25T20:56:28+07:00
So·si·o·lo·gi n pengetahuan atau ilmu tt sifat, perilaku, dan perkembangan masyarakat; ilmu tt struktur sosial, proses sosial, dan perubahannya;
-- kota sosiologi perkotaan; -- makro pengetahuan tt sistem sosial secara total yg mencakup semua aspek masyarakat; -- mikro pengetahuan tt sistem sosial dng melihat secara khusus salah satu aspek dl masyarakat; -- murni sosiologi yg menitikberatkan orientasinya pd pengembangan dan pembentukan teori yg abstrak dan tidak langsung berhubungan dng hal-hal yg praktis; -- perdesaan cabang sosiologi tt masalah kehidupan, ekonomi, sosial, dan politik dl masyarakat desa; -- pendidikan spesialisasi dl ilmu sosiologi yg mengkaji sikap dan tingkah laku masyarakat yg terlibat dl sektor pendidikan dl masyarakat; -- perbandingan cabang sosiologi tt persamaan dan perbedaan dua masyarakat atau lebih; -- perkotaan cabang sosiologi yg mengamati pembentukan dan pertum-buhan kota serta kehidupan penduduknya; -- politik ilmu tt asas-asas sosial dr kekuasaan dl segala pranata yg ada di masyarakat; -- sastra sastra karya para kritikus dan sejarawan yg terutama mengungkapkan pengarang yg dipengaruhi oleh status lapisan masyarakat tempat ia berasal, ideologi politik dan sosialnya, kondisi ekonomi serta khalayak yg ditujunya; -- terapan cabang sosiologi yg memanfaatkan penemuan di bidang sosiologi untuk keperluan praktis atau untuk menunjang kebijaksanaan di bidang sosial