Jawabanmu

2014-08-25T20:01:52+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Ciri-Ciri Abiotik dan Biotik Bioma Tundra, Taiga, Hutan Gugur, Hutan Hujan Tropis, Padang Rumput, dan Gurun A.  Ciri-Ciri Abiotik dan Biotik Bioma Tundra : 1.    Tumbuhan berupa semak. 2.   Didominasi oleh lumu kerak, lumut daun. 3.   Vegetasinya mirip dengan vegetasi gurun. 4.   Tumbuhan semusim biasanya berwarna mencolok dan masa pertumbuhannya pendek, 30 – 120 hari per tahun. 5.   Mendapat sedikit energi radiasi matahari, musim dingin sangat panjang dapat berlangsung selama 9 bulan dengan suasana gelap. B.   Ciri-Ciri Abiotik dan Biotik Bioma Taiga : 1.     Pepohonan didominasi oleh pepohonan berdaun jarum. 2.    Banyak terdapat di daerah subtropics dan daerah kutub utara. 3.    Suhu di daerah berkisar -12 C sampai – 10 C. 4.    Curah hujan 400 – 750 mm setiap tahunnya. 5.    Musim dingin berlangsung panjang dan musim panas berlangsung pendek C.   Ciri-Ciri Abiotik dan Biotik Bioma Hutan Gugur :
o  Curah hujan tidak merata sepanjang tahun antara 750 – 1000 mm tiap tahunnya
o  Memiliki empat musim, yaitu, musim panas, gugur, dingin, dan semi
o  Tumbuhannya tidak sebanyak di hutan tropis
o  Temperatur 22 C – 17 C
o  Tumbuhannya berdaun lebar
o  Banyak terdapat di iklim sedang
D.   Ciri-Ciri Abiotik dan Biotik Bioma Hutan Hujan Tropis : 1.         Terletak di 23,50 LU – 23,50 LS. 2.        Curah hujan mencapai 2.000 hingga 2.550 mm per tahun. 3.        Jenis pohon-pohonnya Heterogen. 4.        Dasar Hutan sangat gelap. 5.         Tingkat kelembapan tinggi. 6.        Pohon – pohon utamanya mencapai 20 – 40 m. 7.         Cabangnya berdaun lebat dan rapat, sehingga membentuk tudung, yang disebut canopy. 8.        Terdapat iklim mikro. 9.        Temperaturnya kurang lebih 250C. 10.     Liana dan Epifit adalah jenis tumbuhan yang khas di Bioma Hutan Tropis. E.   Ciri-Ciri Abiotik dan Biotik Bioma Padang Rumput : -   Tersebar di daerah tropis sampai sedang
-   Di musim panas, suhunya 19 C – 30 C
-   Di musim dingin, suhunya 12 C – 20 C
-   Curah hujan tidak teratur, 200 – 1000 mm per tahunnya
-   Porositas tanahnya rendah
F.   Ciri-Ciri Abiotik dan Biotik Bioma Gurun :
-   Curah hujan tidak melebihi 250mm tiap tahunnya
-   Hujan lebat sangat jarang dan tidak teratur
-   Tingkat evaporasi tinggi
-   Kelembaban rendah
-   Suhu pada siang hari 45o C
-   Suhu pada malam hari 0o C
-   Tanah tandus dan kering.
-   Tumbuhan berdaun kecil, bahkan ada yang tidak berdaun.

Ciri-Ciri Air Tawar dan Air Laut A.    Ciri-Ciri Air Tawar : 1.     Variasi temperatur atau suhu rendah. 2.     Kadar garam atau salinitas rendah. 3.     Penetrasi dari cahaya matahari kurang. 4.     Terpegaruh iklim dan cuaca alam sekitar. 5.     Aliran air terjadi setiap waktu terus-menerus pada sungai. 6.     Secara fisik dan biologi merupakan perantara habitat laut dan darat. 7.     Tumbuhan mikroskopis seperti alga dan fitoplankton sebagai produsen utama.  B.     Ciri-Ciri Air Laut : 1.     Variasi temperatur atau suhu tinggi. 2.     Kadar garam / salinitas / tingkat keasinan tinggi. 3.     Penetrasi dari cahaya matahari tinggi. 4.     Ekosistem tidak terpegaruh iklim dan cuaca alam sekitar. 5.     Aliran atau arus laut terus bergerak karena perbedaan iklim, temperatur dan rotasi bumi. 6.     Habitat di laut saling berhubungan / berkaitan satu sama lain. 7.     Komunitas air asin terdiri dari produsen, konsumen, zooplankton dan dekomposer.
 
sumber : http://muti-mpp.blogspot.com/2013/05/pelajaran-biologi-sma-kelas-x-tentang.html

5 4 5