Jawabanmu

2014-08-25T19:34:35+07:00
Citizen6, Pati: Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Potensi kekayaan alam yang dimiliki tiada bandingannya dengan negara lain. Kekayaan alamnya mulai dari laut, darat, dan kekayaan lainnya yang terkadung di dalam bumi tidak terhitung jumlahnya. Dari sekian banyak hal alasan kenapa harus mencintai Indonesia, berikut 6 alasan di antaranya:

1. Keramahan penduduknya

Ramah, itulah yang membuat negara ini banyak dikunjungi wisatawan asing. Keramahannya, senyuman khasnya saat bertemu orang luar, sikap pedulinya dengan orang-orang sekitar, sepertinya tidak akan ditemukan di negara lain.

2. Kuliner khasnya terutama yang halal

Jika berkunjung ke negara lain, sebagai seorang muslim pasti khawatir akan kehalalan makanannya. Sehingga kebanyakan dari kita akan bertanya kepada pemilik restoran apakah ada jaminan halal dari restoran ini. Jika di Indonesia, hampir setiap toko memiliki jaminan akan halalnya, bahkan restoran siap saji yang merupakan duplikasi dari negara luar pun diwajibkan mengikut sertakan jaminan halal pada produk mereka. Hal ini dimungkinkan karena sebagian besar penduduk Indonesia adalah muslim.

3. Kekayaan alam

Berkeliling ke seluruh Indonesia, seperti melihat kekayaan alam separuh dunia berada di dalamnya. Betapa tidak? Karena berjuta-juta pantai di Indonesia dapat ditemui, bahkan disuguhkan taman bawah laut Bunaken yang hampir tidak ditemukan di negara lain yang seindah Indonesia. Gunung berapi yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif lagi banyak ditemui di negara ini. Sungai, air terjun, padang savanna di daerah Nusa Tenggara, bahkan salju pun ada di puncak Jayawijaya Papua.

4. Kekayaan budaya

Berjuta-juta suku di Indonesia menghasilkan ragam budaya yang menarik. Bahkan setiap suku yang berbeda daerah juga memiliki budayanya masing-masing. Contoh suku Jawa, antara Jawa tengah dan Jawa Timur pasti berbeda adat dan kebiasaannya. Di Jawa Tengah sendiri, daerah Solo, dan semarang juga memiliki budaya sendiri.  

5. Kekayaan mataharinya

Tidak banyak yang menyadari kekayaan matahari ini. Matahari yang selama 12 jam menyinari negeri ini setiap harinya bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Di antaranya sebagai energi surya, pengering alami bahan kerupuk dan ikan asin, pengering baju, berbagai macam tumbuh-tumbuhan tumbuh sepanjang tahun tanpa adanya penghalang musim dingin, dan lain-lain. Kekayaan yang patut disyukuri, padahal warga negara lain saat musim dingin berlomba-lomba mencari matahari untuk berjemur, sedangkan kita bisa berjemur setiap saat.

6. Kekayaan flora dan fauna

Negara tropis merupakan salah satu keunggulan negara ini. Garis khatulistiwa yang membentang di negara ini mengakibatkan matahari seriap saat dapat dijumpai, sehingga tumbuh-tumbuhan dapat tumbuh sepanjang tahun. Berbagai macam jenis tumbuhan tropis mendominasi negara ini. Selain itu juga berbagai macam fauna khas juga ada di Indonesia, seperti badak bercula satu, komodo, anoa, dan harimau Sumatra.

Dengan demikian kenikmatan mana lagi yang dapat ditemukan di tempat lain selain Indonesia? (Isna Tustiyani/mar)

2 5 2