Jawabanmu

2014-08-25T18:10:24+07:00
Endonom
Contoh : 1. Gerak sitoplasma sel
             2. Gerak nutasi (berputarnya tanaman saat tumbuh)
Higroskopis
Contoh : 1. Pecahnya kulit buah polong-polongan
             2. Membukanya dinding spongarium (kotak spora) paku-pakuan,
                 menggulungnya gigi-gigi peristoma pada sporangium lumut
Esionom
*Tropisme
Contoh : Kecambah
*Nasti
Contoh : Putri malu
*Taksis
Contoh : Alga hijau bergerak menuju cahaya
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-08-25T18:15:39+07:00
Gerak endonom : gerak sirkulasi klorofil dalam sel
gerak higroskopis :merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polong-polongan,membukanya dinding sporangium (kotak spora) paku-pakuan
gerak esionom:gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangandari lingkungan sekitar
a.gerak tropisme :tumbuhan yang diletakkan dekat jendela batangnya tumbuh menuju cahaya
-gerak geotropisme :arah gerak akar selalu menuju pusat bumi dan arah gerak tumbuh batangnya selalu tegak ke atas menjauhi pusat bumi yang dipengaruhi oleh gravitasi
-gerak  hidrotropisme : pertumbuhan akar yang selalu menuju kesumber air yang dipengaruhi oleh rangsangan air
-gerak tigmotropisme :membelitnya ujung batang atau ujung sulur kacang panjang dan mentimun pada tempat rambatannyayang dipengaruhi oleh rangsang berupa sentuhan
-gerak fototropisme :ujung batang bunga matahari yang membelok menuju ke arah datangnya cahaya yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya
-gerak kemotropisme :penyeburkan yang dipengaruhi oleh rangsangan bahan kimia
b.gerak taksis :gerak spermatozoid menuju sel telur pada archegonium tumbuhan lumut dan tumbuhan paku
c. gerak nasti :sebagian tubuh tumbuhan akibat rangsangan dari luar tetapi arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang
1 5 1