Jelaskan bagaimana peranan kerajaan sriwijaya dan majapahit dlm proses integrasi antar pulau pada masan hindu - budha??

2
kondisi yang didukung keterlibatan nenek moyang kita secara aktif dalam perdagangan laut dan mengarungi lautan, dan akhirnya menumbuhkan kekuatan ekonomi dan politik yang besar di nusantara sehingga mampu mengintegrasikan wilayah-wilayah di nusantara terutama kerajaan sriwijaya dan majapahit.
kayak itu sama saja deh... tp mkasih
intinya proses integrasinya itu menjurus ke bidang politik..
ur'well
yap...setuju...

Jawabanmu

2014-02-16T07:54:10+07:00
Jawaban paling cerdas!
2014-02-16T07:54:33+07:00
Selama periode Hindu-Buddha, kekuatan besar Nusantara yang memiliki kekuatan integrasi secara politik, sejauh ini dihubungkan dengan kebesaran Kerajaan Sriwijaya, Singosari dan Majapahit. kekuatan integrasi secara politik di sini maksudnya adalah kemampuan kerajaan-kerajaan tradisional tersebut dalam menguasai wilayah-wilayah yang luas di Nusantara di bawah kontrol politik secara longgar dan menempatkan wilayah kekuasaannya itu sebagai kesatuan-kesatuan politik di bawah pengawasan dari kerajaan-kerajaan tersebut. dengan demikian pengintegrasian antarpulau secara lambat laun mulai terbentuk. 
4 3 4