1. Taksis
Gerak taksis merupakan gerak seluruh tubuh tumbuhan menjauhi ataupun mendekati sumber rangsangan. 2. Tropisme
Gerak tropisme merupakan gerak sebagian tubuh tumbuhan, baik mendekati maupun menjauhi arah datangnya rangsang. 3. Nasti
merupakan gerak bagian tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan, tetapi ditentukan oleh tumbuhan
Seismonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsang berupa sentuhan atau getaran. Contohnya pada gerak menutup daun putri malu setelah disentuh. Adapun fotonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsang berupa cahaya. Gerak fotonasti ini contohnya adalah pada kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis), yang mekar pada siang hari dan menguncup pada malam hari. Contoh gerak nasti lainnya adalah termonasti. Termonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsang suhu.

Jawabanmu

2014-02-15T21:56:54+07:00
-taksis (gerak seluruh tubuh tumbuhan), contoh gerak spermatozoid tumbuhan lumut dalam ruang arkegonium saat membuahi sel telur.
-tropisme (
gerak sebagian tubuh tumbuhan) baik mendekati maupun menjauhi arah datangnya rangsang.
-nasti (gerak bagian tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan, tetapi ditentukan oleh tumbuhan itu sendiri). Contoh gerak menutup daun putri malu setelah disentuh, kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis), yang mekar pada siang hari dan menguncup pada malam hari.
2014-02-15T22:10:41+07:00
Gerak tumbuhan itu pasif atau tidak berpindah tempat. spt: gerak meakar mencari zat hara, gerak karena tertiup angin, dll.