Jawabanmu

2014-08-25T16:27:01+07:00
Sudah ada keuntungan dan kerugian bisa dicari sendiri koo..

1. Letak Indonesia yang berada diantara 2 benua yaitu Asia dan Australia membuat Indonesia bisa menjalin hubungan baik dengan negara – negara di kedua benua itu. Posisi tersebut selain juga berada di antara dua samudra membuat Indonesia berada di jalur lalu lintas internasional dan dapat menjadi tempat transit jalur perdagangan dunia. Hal itu membuat Indonesia dapat membuat hubungan baik dengan negara lain, walau juga dapat membuat Indonesia sebagai jalur lalu lintas kriminalitas internasional. Seperti lalu lintas perdagangan narkoba dan perdagangan anak. 

2. Kawasan Indonesia yang terdiri dari banyak pulau membuat Indonesia kaya akan budaya, karena terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dll. Selain itu juga akan timbul banyak bentukan alam seperti danau, gunung api, pantai, dll. Hal itu dapat memajukan pariwisata Indonesia. Namun, kontrol pemerintah pusat dengan daerah sulit terjadi,. Masih banyak pula wilayah terpencil yang belum terjamah sarana pendidikan, kesehatan, dll akibat wilayah Indonesia yang luas dan terdiri atas banyak pulau. Aksi kejahatan di daerah pun tak tercium oleh hukum yang berlaku di Indonesia. Masih marak pula hukum adat di daerah yang tak beadab, seperti kebiasaan perang antar suku di Papua. Hal tersebut membuat pemerintah sulit mengontrol penduduk di daerah. 

3. Laut yang luas dan garis pantai yang panjang membuat Indonesia menyimpan hasil laut seperti ikan, kerang, serta bahan tambang seperti minyak bumi. Hal itu dapat menambah pendapatan Negara 

4. Letaknya yang berada dikawasan tropis membuat Indonesia kaya akan hasil hutan, berbagai jenis tanaman, dan berbagai jenis hewan. . Namun akibat pemanasan global, membuat wilayah Indonesia sangat menerima dampaknya. Seperti sering terjadi badai tropis. Pengurangan daratan Indonesia akibat pencairan es di kutub. Wilayah Indonesia yang banyak terdiri atas pulau dan laut yang luas membuat daratan Indonesia banyak sekali berkurangnya, dll. 

5. Tanah Indonesia yang subur membuat Indonesia menghasilkan banyak hasil pertanian. 

6. Wilayah hutan yang masih cukup luas menjadikan hutan Indonesia sebagai paru-paru dunia. Namun, karena letak hutan yang jauh dari pemantauan pemerintah akibat letak Indonesia yang berjauhan dan berpulau-pulau membuat aksi kejahatan terhadap hutan, seperti pembakaran, pencurian kayu, pembukaan hutan yang tak terstruktur marak terjadi dan sulit dikendalikan.

a. Ekonomi
- Persaingan global
- eksplorasi besar-besaran

b. Transportasi
- Semaikin padatnya lalu lintas karena jumlah Imigran
- Tersingkirnya moda transportasi tradisional (bajaj)
- semakin bersifat konsumtif terhadap kendaraan luar negeri

c, Komunikasi
- Sulit nya menggunakan Bahasa asing,
- Menguasai Bahasa Asing mengakibatkan tergerusnya bahasa Indonesia



5 4 5
Jawaban paling cerdas!
2014-08-25T16:37:50+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Keuntungan/keunggulan letak geostrategis indonesia di bidang ekonomi :

1.  Indonesia dialalui jalur perdagangan internasional 
2.  Kondisi vegetasi yg tumbuh & berkembang d Indonesia sangat beragam. 
3.  Adanya pembagian tiga daerah waktu di Indonesia 
4.  Keragaman Flora dan Fauna di Indonesia 
5.  Keragaman jenis tanah di Indonesia
6.  Negara Maritim yang kekayaan lautnya sangat melimpah
7.  Penambah Devisa negara
8.  Banyak komoditi Indonesia yang sangat dibutuhkan oleh orang asing
9.  Sebagai pusat perekonomian 2 Benua 2 Samudra
10. Memiliki jalur ekspor dan impor yang 
11. Memiliki banyak keanekaragaman hasil laut
12. Indonesia memiliki iklim tropika
13. Sumber Daya Alam melimpah
14. Indonesia mempunyai pasar yang luas
15. Persaingan yang sangat menguntungkan
16. Mempermudah hubungan dengan negara lain dalam bidang perdagangan

Keuntungan/keunggulan letak geostrategis di bidang transportasi 

1. Letak Indonesia yang berada diantara 2 benua dan 2 samudra membuat Indonesia berada di jalur lalu lintas internasional dan dapat menjadi tempat transit jalur perdagangan dunia. 
2. Banyak kapal asing yang melintas wilayah Indonesia yang harus mengajukan ijin dan membayar pajak kepada wilayah Indonesia
3. Tempat perlintasan terbang dan transit pesawat terbang asing sebelum  melanjutkan ke negara atau benua yang lainnya
4. Indonesia mempunyai teknologi pembuatan yang sudah canggih sejak dulu
5. Laut memudahkan hubungan antara pulau satu dengan pulau yang lainnya

Keuntungan/keunggulan letak geostrategis indonesia di bidang komunikasi 

1. Indonesia mudah berkomunikasi dan berelasi dengan bangsa lain 
2. Indonesia dapat mempelajari bahasa asing dari kaum pedagang
3. Jaringan komunikasi lintas benua yang melintasi wilayah Indonesia
4. Munculnya hubungan internasional yang baik
5. Kemajuan ilmu teknologi sebagai alat kmunikasi yang lebih maju
6. Memiliki variasi bahasa
7. 
Penghubung/Pemersatu bangsa lainnya


............................................................................................................................


Kekurangan/kerugian letak geostrategis indonesia di bidang ekonomi :


1.Dengan mudahnya perdagangan dari luar masuk ke Indonesia sebagai jalur lalu lintas, masyarakat dalam negeri sendiri malah lebih menyukai produk-produk dari luar ketimbang produk-produk dalam negeri, terutama masyarakat yang berpenghasilan menengah ke atas.

2.Perusahaan-perusahaan asing mulai bermunculan di Indonesia, namun yang parah adalah, banyak perusahaan milik anak negeri dijual ke pihak asing, itu sangat ironis. Lama-kelamaan semua perusahaan akan menjadi milik asing, Indonesia hanya sebagai tempat Itu di karenakan sumber daya manusia berkualitas, jika pun ada hanya sedikit. Apabila adapun kurang dimanfaatkan.

Kekurangan/kerugian letak geostrategis indonesia di bidang transportasi :

1. Semaikin padatnya lalu lintas karena jumlah Imigran
2. Semakin bersifat konsumtif terhadap kendaraan luar negeri

Kekurangan/kerugian letak geostrategis indonesia di bidang komunikasi :

1. Menguasai Bahasa Asing mengakibatkan tergerusnya bahasa Indonesia
2. Sulit nya menggunakan Bahasa asing
11 4 11