Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-25T16:25:49+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Cara membaca alat ukur listrik voltmeter. Volt meter digunakan untuk mengukur tegangan atau beda potensial listrik.Kelas 9 SMP dan 10, 12 SMAMateri listrik dinamis.Voltmeter digunakan untuk mengukur tegangan listrik, amperemeter digunakan untuk mengukur kuat arus listrik. Untuk mengukur hambatan listrik digunakan Ohmmeter.
Dalam penggunaannya voltmeter harus dipasangkan secara paralel dengan alat yang hendak diukur beda potensial atau tegangannya.
Lain dengan amperemeter yang pemasangannya dilakukan dengan cara seri. 

Siapkan terlebih dahulu rangkaian dimana akan dilakukan pengukuran.
Pastikan jenis tegangan dari sumber listriknya.Jika listrik dari PLN ato genset, putar saklar pilihnya ke arah AC (= alternating current = arus bolak-balik).Jika sumbernya dari baterai, aki (accumulator), atau trafo adaptor, gunakan mode DC (direct current = arus searah).Pilih skala maksimum dari voltmeter.Di contoh ada 10 V, 50 V, 250 dan 1000 V. Misalnya diambil 250 V.Sambungkan voltmeter ke alat yang hendak diukur.

1 5 1